Tiga Peserta Difabel Ikuti Ujian SBMPTN di Panlok 58 Jember

SBMPTN1

Jember, 17 Mei 2017

Tiga peserta difabel mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Panitia Lokal (Panlok) 58 Jember (16/5). Selama mengikuti ujian, panitia memberikan  perhatian khusus agar para peserta ini mampu menyelesaikan ujian dengan baik. Terdapat dua peserta tuna daksa, yakni Diah Amelia yang mengikuti ujian di lokasi ujian FISIP ruang 7, dan Nova Wardhani yang ujian di gedung CDAST lantai 4 ruang 20. Sementara Putri Nugrahaning Widy yang menderita low vision, melaksanakan ujian di ruang 120 di SMPN 3 Jember. Khusus untuk penyandang low vision, panitia menugaskan dua pendamping untuk membantu.

Perhatian ini salah satunya ditunjukkan dengan kunjungan Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember sesaat sebelum ujian ke lokasi ujian dimana peserta difabel mengikuti ujian. Pada saat mengunjungi Putri Nugrahaning Widy, Moch. Hasan memberikan semangat kepada lulusan SMA Pahlawan Jember yang bercita-cita menjadi guru bagi siswa difabel ini. Bahkan Moch. Hasan berpesan kepada panitia agar memperhatikan semua keperluan yang dibutuhkan peserta difabel. “Untuk peserta difabel di gedung CDAST, walaupun berada di lantai 4 namun tidak mengalami kesulitan karena gedungnya sudah didesain ramah bagi difabel,” kata Moch. Hasan saat ditemui di lokasi gedung CDAST.

Sementara itu, Sholeh Avivi, Sekertaris Panlok 58 Jember menjelaskan jika pelaksanaan ujian SBMPTN 2017 di Kampus Tegalboto dan lokasi ujian lainnya berlangsung lancar tanpa gangguan berarti. “Alhamdulillah,praktis tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan ujian hari ini, termasuk untuk ujian berbasis komputer. Sukses berkat kerjasama semua pihak,” jelas dosen Fakultas Pertanian ini. Untuk diketahui terdapat 12.369 peserta yang mengikuti ujian di Panlok 58 Jember, mereka terdiri dari 5.603 peserta kelompok ujian Saintek, 5.024 peserta kelompok ujian Soshum, dan 1.742 peserta kelompok ujian Campuran.

Pada saat peserta ujian SBMPTN berkonsentrasi mengerjakan soal-soal ujian, para calon mahasiswa baru Universitas Jember yang diterima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), mengikuti kegiatan registrasi ulang di Gedung Soetardjo. Rencananya hasil ujian SBMPTN bakal diumumkan pada tanggal 13 Juni nanti. “Masih tersisa satu lagi jalur masuk ke perguruan tinggi, yakni melalui ujian mandiri. Ujian mandiri di Kampus Tegalboto dinamakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya yang akan dibuka pendaftarannya mulai tanggal 5 Juni nanti,” ujar Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menambahkan. (iim)

Blog Attachment