Tembang Pembangkit Semangat Drs. Supardi

Jember, 18 Februari 2014

Tembang “I Beleive I Can Fly” adalah sebuah tembang yang sering kali memberi semangat bagi Drs. Supardi, M.Pd. Tembang itu pulalah yang selalu ia lantunkan saat pergi ke luar negeri dalam urusan akademik. Drs. Supardi yang merupakan dosen bahasa Inggris Fakultas Hukum Universitas Jember ini memang sering kali melakukan kegiatan akademik di luar negeri.

Seperti saat keberangkatannya menuju Universitas Ramkhamhaeng Bangkok Thailand untuk mengajar Bahasa Indonesia pada 20 Juni 2012 lalu. Lagu it uterus ia lantunkan untuk menghadirkan semangat dalam dirinya. Begitu pula saat  keberangkatannya menuju CamTESOL Conference di Pnom Penh Camboja untuk mempersentasikan papernya, lagu itu kembali menemaninya.

Awal tahun ini tepatnya 30 Januari lalu lagu itu kembali menemani keberangkatannya ke Manila. Kali ini keberangkatannya untuk mempresentasikan makalahnya yang berjudul “Discourse Analysis: Parts of Speech as Language Power and Strategy in Judicial Process.” Makalah ini dia presentasikan dalam event internasional yaitu The Tenth Asian EFL Journal International TESOL Conference di De La Salle University, Manila, Filipina.

“Judul ini sengaja saya pilih untuk menunjukkan bahwa bahasa mempunyai daya (kekuatan) untuk mempersuasi seseorang atau sekelompok orang agar melakukan sesuatu,” tuturnya. Menurutnya, bahasa juga bisa dijadikan sebagai alat komunikasi yang strategis. Melalui persentasi paper itu Supardi berusaha menunjukkan daya (kekuatan) dan strategi bahasa yang dia tinjau dari penggunaan jenis-jenis kata (parts of speech) dalam kaedah hukum. (MJ)

Leave us a Comment