Tax Amnesty Sasar Kalangan Akademisi Universitas Jember

Jember, 30 Agustus 2016

Kebijakan pemerintah menerapkan pengampunan pajak (tax amnesty) rupanya tidak hanya ditujukan kepada kalangan pengusaha saja. Buktinya dosen di kalangan Universitas Jember juga mendapatkan sosialisasi mengenai tax amnesty (30/8). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jember di gedung Soetardjo. Sosialisasi tax amnesty dihadiri oleh pejabat struktural dan ratusan dosen di kampus Tegalboto.

Dalam pemaparannya, Indra Gunawan, perwakilan dari KPP Pratama Jember menjelaskan bahwa pada dasarnya kebijakan tax amnesty berlaku bagi semua pihak. “Tax amnesty bukan hanya diperuntukkan bagi para pengusaha yang memiliki harta kekayaan di luar negeri saja, namun juga diperuntukkan bagi seluruh masyarakat, termasuk kalangan akademisi,” jelas Indra Gunawan. Penjelasan ini disambung oleh pemateri kedua Didik Sulistyo. Menurutnya banyak manfaat yang akan diterima bagi pesertanya, antara lain bebas dari pajak penghasilan, tidak terkena sanksi administrasi, dan tidak terkena pidana pajak.

Oleh karena itu, kedua pemateri menghimbau kepada seluruh akademisi yang hadir untuk memanfaatkan tax amnesty dan melaporkan seluruh harta kekayaannya. Indra Gunawan juga menambahkan bahwa kebijakan tax amnesty bertujuan untuk meningkatkan penerimaan pajak di tahun 2016 yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. “Dengan efektifnya tax amnesty maka akan memperbesar peluang bagi pemerintah untuk melakukan pembiayaan pembangunan nasional,” tambah Indra.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Pembantu Rektor II, Akhmad Toha,  menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini sangat penting karena sebagai kalangan akademisi, perlu mengetahui kebijakan pemerintah dari sumber yang paling kompeten, dalam hal ini Ditjen Pajak Kemenkeu RI. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman mengenai kebijakan tax amnesty yang sedang dijalankan oleh pemerintah,” tutur Akhmad Toha. Pembantu Rektor II juga berharap semua peserta yang hadir dapat menularkan informasi seputar tax amnesty. Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (lid)

Leave us a Comment