Tari Petik Kopi Salah Satu Upaya Pelestarian Budaya Tradisional

Jember, 13 Oktober 2014

Tari petik kopi  merupakan tari yang dihasilkan oleh Universitas Jember merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya tradisional, khususnya di kalangan mahasiswa. Rektor Universitas Jember Moh. Hasan mengatakan melestarikan budaya tradisional melestarikan budaya tradisional merupakan suatu keharusan, khususnya bagi generasi muda. Hal ini disampaikan pada saat pembukaan lomba tari petik kopi antar mahasiswa Universitas Jember  yang digelar di gedung Soetardjo (12/10).

Selanjutnya Moh. Hasan menyampaikan lomba tari petik kopi saat ini jangan dipandang sebagai lomba yang hanya  mencari  pemenang tetapi lebih untuk menginternalisasi tari petik kopi itu sendiri. “Siapa tahu  limapuluh tahun kedepan tari petik kopi bisa dianggap sebagai tari orisinal Jember, di tengah-tengah usaha pencarian jati diri budaya asli masyarakat Jember saat ini” lanjut Moh. Hasan.

Sementara itu ketua panitia lomba tari petik kopi antar mahasiswa Universitas Jember, Wisasongko, mengatakan lomba yang digelar pertamakalinya ini  diikuti oleh 12 fakultas, yang total keseluruhan diikuti oleh 112 penari.   Wisasongko menjelaskan generasi pertama penari petik kopi ada 23 penari, mereka inilah yang dilatih langsung oleh pencipta tari petik kopi ini Parmin Ras. Kemudian 23 orang ini yang menjadi pelatih tari di berbagai fakultas.

Wisasongko menambahkan peraturan panitia memang mewajibkan setiap peserta lomba adalah mahasiswa yang belum pernah menarikan tari petik kopi, sehingga harapannya semakin banyak mahasiswa Universitas Jember yang menguasai tari ini. Para peserta diberi kesempatan latihan selama satu bulan sebelum mereka tampil.

Untuk juri diambilkan 2 orang dari luar yaitu Slamet Riyadi, seorang praktisi seni dari ponorogo dan Agustinus, seorang praktisi seni dari Surabaya yang sekaligus dosen STKW. Satu lagi juri yang dihadirkan adalah Ayu Sutarto, budayawan dan dosen fakultas Sastra Universitas Jember. Tiga tim terbaik yang menjadi pemenang dalam lomba kali ini juara pertama diraih oleh Fakultas Sastra, Juara kedua diraih oleh oleh fakultas  Ekonomi, dan juara ketiga diraih oleh  FKG. (did)

Leave us a Comment