Sudah Mandiri, Unej Mengajar Resmi Melepas SD Negeri Darsono IV

Jember, 9 Desember 2015

Tidak terasa  hampir genap empat tahun gerakan sosial Unej Mengajar aktif menjadi bagian dari berdirinya sekolah dasar baru yaitu SD Negeri Darsono IV yang lokasinya sekitar 15 KM dari pusat kota Jember yang terletak di desa gumitir darsono, kecamatan Arjasa. Seperti yang kita ketahui bahwa Unej Mengajar merupakan salah satu gerakan sosial mahasiswa Universitas jember yang tergabung dari berbagai jurusan dan fakultas yang bergerak dalam bidang pendidikan yang sasarannya adalah masyarakat dan anak-anak yang ada di berbagai pelosok jember.

“sejak Unej Mengajar (Ujar) di gagas dan di launching oleh rektor Unej pada tahun 2012 yang lalu, SDN Darsono sudah menjadi salah satu dari beberapa sekolah binaan Ujar. Di sekolah ini, teman-teman yang tergabung dalam Unej Mengajar aktif melakukan berbagai kegiatan baik ekstra dan intrakurikuler. Mulai dari mengajar, memberikan beasiswa, berbagi buku, bahkan mengadakan penyuluhan kesehatan.” Ujar Mohammad abdul Aziz, Direktur pertama dan Founder Unej Mengajar.

SDN Darsono IV merupakan sekolah baru yang memang di babat di desa gumitir ini yang terletak di pinggiran gunung argopuro. Banyak hal yang melatar belakangi di bangunnya sekolah di desa ini, sebagaimana yang di ungkapkan oleh penggagas dan kepala sekolah pertama SDN Darsono IV bapak Ari bahwa banyaknya anak-anak putus sekolah yang seharusnya sibuk dalam dunia pendidikan malah mereka sibuk mencari uang dan bekerja di kebun, selain itu banyak juga dari mereka yang memilih nikah muda ketimbang konsen pada dunia pendidikan.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur di awal perjuangan membangun sekolah ini kami di pertemukan dengan mahasiswa-mahasiswa energik dan inspiratif yang tergabung dalam gerakan Unej Mengajar. Berarti masih ada harapan Indonesia akan maju, karena masih ada orang-orang yang peduli pada bangsanya sendiri. Gerakan ini sangat bagus, tolong di pertahankan dan di perluas sasarannya.” Ujar pak ari dalam pidatonya saat acara puncak lepas pisah antara SDN Darsono dan Unej Mengajar yang di adakan pada hari sabtu, 5 Desember 2015.

Pada acara ini, para pengurus dan pengajar Ujar yang tergabung dalam panitia lepas pisah puncak Darsono menampilkan berbagai program acara. “kami mencoba mengundang semua pihak yang pernah terlibat menjadi bagian dari perubahan di sekolah ini, mulai dari para guru, masyarakat, dan teman-teman yang tergabung dari awal dalam gerakan Unej Mengajar. Mulai dari penggagas, pengurus dan pengajar domisioner. Dalam acara ini, kami menampilkan berbagai pentas seni dan berbagai karya yang sudah Ujar berikan di sekolah ini dari awal melakukan pengabdian. Seperti lomba seni suara, lomba baca tulis, dan menampilkan berbagai foto kenangan Ujar darsono, yang di akhiri dengan penanaman pohon.” Saya Arifah,mahasiswa FK Unej dan Ketua panitia lepas pisah puncak Darsono.

ujarSalah satu pendiri dan pengurus Unej Mengajar yang pertama yang di undang dalam acara ini yaitu yusnida furoida mahasiswa coas fkg Unej mengungkapkan bahwa dia sangat terharu atas kerja keras teman-teman yang secara kolektif membuat berbagai kesibukan kebaiakan melalui Unej Mengajar, dan perubahan yang di harapkan sudah mulai terlihat saat ini. “dulu saat pertama kami kesini, gurunya masih 4 orang sekarang sudah 10 orang, dulu ruang kelas masih tiga ruang dan masih belajar di bilik bambu dan sekarang alhamdulillah sudah sesuai kebutuhan, dulu adik-adiknya yang memakai seragam dan yang memakai sepatu bisa di hitung dengan jari, sekarang 100% berseragam dan bersepatu, dan alhamdulillah juga sudah banyak yang melanjutkan ke sekolah jenjang berikutnya, dulu mereka tidak hafal lagu Indonesia Raya, tidak pernah melakukan upacara dan sekarang mereka sudah sangat aktif kegiatan intra dan ekstrakurikulernya.” Ujar Yusnida

“saya mewakili kawan-kawan Unej Mengajar mau mengucapkan terimakasih banyak bagi semua pihak yang pernah terlibat dalam gerakan ini. Terimakasih banyak kepada bapak rektor Unej dan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unej yang senantiasa selalu mendukung dan menfasilitasi kegiatan Unej Mengajar. Terimakasih yang sebesar-besarnya pada semua mahasiswa Unej dan masyarakat umum baik yang pernah menjadi pengurus, pengajar, volunteer, dan donatur ujar. Semoga segala kebaikan-kebaikan yang kalian berikan akan di balas setimpal olehNya dan selalu di beri kebahagiaan dan kesehatan.” Ujar Yeri, direktur ke-3 Ujar dan juga mahasiswa Fisip 2012. (Jar/Mj)

1 Comment

  • moh. hasan
    Reply

    Thank you anak2 ku… Well done…luar biasa

Leave us a Comment