SNMPTN 2017 Dimulai, Sekolah Dihimbau Segera Laksanakan Pengisian PDSS

snmptn_unej-630x330px

Jember, 16 Desember 2016

Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah dimulai, oleh karena itu pihak sekolah diminta untuk memulai proses pengisian nilai siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Himbauan ini disampaikan oleh Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember di Kampus Universitas Jember (16/1). “SNMPTN 2017 sudah dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tanggal 13 Januari lalu, sementara pengisisan PDSS sudah dibuka semenjak tanggal 14 Januari hingga 10 Februari nanti,” ujar Agung Purwanto yang berkesempatan mengikuti acara launching SNMPTN di Jakarta bersama Rektor dan Wakil Rektor I Universitas Jember.

Seperti diketahui, SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan raport serta portofolio siswa. Oleh karena itu siswa yang berhak ikut serta dalam SNMPTN, merupakan siswa yang berprestasi di sekolahnya. Namun sedikit berbeda dengan pelaksanaan SNMPTN tahun 2016, untuk tahun ini Panitia Pusat SNMPTN memberlakukan aturan baru. Untuk sekolah dengan akreditasi A, maka 50 persen siswa terbaiknya dapat mendaftarkan diri. Sementara untuk sekolah dengan akreditasi B mendapatkan kuota 30 persen, sekolah akreditasi C memperoleh kuota 10 persen, dan kuota 5 persen untuk sekolah tanpa akreditasi. “Pada saat pengisian PDSS, sekolah memasukkan nilai seluruh siswa kelas XII-nya, nanti sistem yang akan menyaring secara otomatis,” jelas Agung Purwanto.

Pria yang juga dosen di Jurusan Hubungan Internasional FISIP ini lantas membeberkan jadwal pelaksanaan SNMPTN 2017. Setelah pengisian PDSS tanggal 14 Januari sampai dengan 10 Februari 2017, dilanjutkan dengan proses verifikasi PDSS mulai 15 Januari sampai dengan 12 Februari 2017. Hasil verifikasi ditandai dengan pemberian PIN bagi siswa yang dinyatakan berhak mendaftarkan diri di SNMPTN. “PIN tadi yang digunakan untuk mendaftarkan diri dari 21 Februari sampai dengan 6 Maret 2017 melalui laman snmptn.ac.id, dilanjutkan dengan pencetakan kartu peserta SNMPTN mulai 14 Maret hingga 14 April 2017. Proses seleksi SNMPTN tanggal 15 Maret hingga 15 April 2017. Rangkaian kegiatan akan diakhiri dengan pengumuman pada tanggal 26 April 2017,” tambah Agung Purwanto lagi.

Perlu diketahui, seluruh proses pendaftaran SNMPTN bebas biaya, bahkan pemerintah juga menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu, melalui Beasiswa Bidikmisi. Sesuai aturan yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti, setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN), minimal menerima 30 persen calon mahasiswa dari jalur SNMPTN, minimal 30 persen dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan maksimal 30 persen dari ujian mandiri. “Untuk Universitas Jember, rencananya kami akan menerima maksimal 40 persen mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, sementara sisanya bakal diambil dari jalur ujian mandiri,” kata Agung Purwanto. “Untuk informasi lebih lengkap mengenai SNMPTN, silahkan membuka laman snmptn.ac.id, atau dapat berkonsultasi dengan Humas dan Protokol Universitas Jember,” pungkas Agung Purwanto. (iim)

Unduh Brosur SNMPTN 2017 hal 1

Unduh Brosur SNMPTN 2017 hal2

Unduh Brosur SBMPTN 2017 hal 1

Unduh Brosur SBMPTN 2017 hal 2

Leave us a Comment