SNMPTN 2016 Sudah Resmi Dibuka

Jember, 19 Januari 2016

Rangkaian tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 hari ini resmi dibuka. Tahapan ini diwali dengan proses Pengisian data dan proses Verifikasi melalui Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id yang dilakukan oleh kepala sekolah atau yang ditugaskan oleh kepala sekolah.

“Sudah dibuka sejak hari ini 18 Januari 2016, mulai hari ini hingga nanti tanggal 20 Februari 2016 sekolah harus melakukan pengisian data siswanya masing-masing dan kemudian melakukan verifikasi agar bisa terdaftar sebagai peserta SNMPTN 2016,” ujar Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Drs. Agung Purwanto, M.Si

Menurut  Drs. Agung Purwanto, M.Si pelaksanaan SNMPTN tahun 2016 terdapat beberapa perbedaan. Diantaranya, untuk SNMPTN 2016 sekolah hanya melakukan pengisian data nilai siswa mulai dari semester tiga, empat dan lima.

“Tidak seperti tahun lalu yang nilai dimasukan sejak semester satu hingga semester lima tahun ini cukup 3 semester saja untuk nilai mata pelajaran yang diikut sertakan dalam Ujian Nasional (UN),” imbuhnya.

Menurut pria kelahiran Surabaya ini tahun ini kuota penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN lebih sedikit dari pada tahun lalu. “Tahun ini untuk SMPTN maksimalnya hanya 40 persen, SBMPTN 30 persen dan 30 persen untuk UM,” imbunyanya.

Perbedaan lainnya dalam pelaksanaan SNMPTN tahun ini menurutnya juga bisa diikuti oleh siswa pindahan dan siswa yang tinggal kelas. “Kalau tahun lalu siswa pindahan kesulitan untuk bisa ikut dalam SNMPTN namun untuk tahun ini siswa pindahan dan siswa yang pernah tinggal kelas juga bisa ikut serta,” paparnya lagi.

Agung Purwanto menyarankan agar sekolah memasukan data nilai dari semua data siswa kelas XII. Karena menurutnya sistem tidak akan menyeleksi otomatis siswa-siswa yang tidak memenuhi kriteria sesuai dengan akreditasi sekolah.

“Untuk sekolah dengan akreditasi A hanya diambil 75 persen nilai terbaik di sekolahnya, akreditasi B 50 persen terbaik di sekolahnya, akreditasi C 20 persen terbaik di sekolahnya dan 0kreditasi lainnya 10% terbaik di sekolahnya. Maka dari itu jangan sampai yang dimasukan hanya yang nilai bagus-bagus saja karena nantinya tetap akan diseleksi sesuai aturan itu,” imbuhnya.

Lebih jauh Agung menjelaskan proses SNMPTN melalui beberrapa tahapan yang harus diikuti. Proses itu diawali dengan pengisian dan verifikasi PDSS yang berlangsung sejak 18Januari hingga 20 Februari 2016. Selanjutnya tanggal 29 Februari hingga 12 Maret 2016 adalah proses pendaftaran. Kemudian tanggal 22 Maret hingga 21 April 2016 adalah pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN, 24 Maret – 8 Mei 2016 proses seleksi dan tanggal 10 Mei 2016 adalah proses pengumuman hasil.

“Bagi sekolah yang kurang memahami prosesnya bisa langsung buka laman http://www.snmptn.ac.id atau bisa langsung menghubungi Humas Universitas Jember,”pungkasnya.

Leave us a Comment