SMAN Taruna Nala, Malang Kunjungi Kampus Tegalboto

UNEJ-Nala-1-768×512

Jember, 24 Januari 2019

Pengembangan yang dilakukan oleh Universitas Jember dan banyaknya prestasi yang telah diraih, menarik minat berbagai sekolah untuk mengirimkan siswanya untuk kuliah ke Kampus Tegalboto. Salah satunya adalah perwakilan SMAN Taruna Nala Malang yang sengaja berkunjung langsung ke Jember (24/1). SMAN Taruna Nala yang diwakili oleh Novika Fajarini, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, didampingi oleh Avianti Septoani, staf ahli dari Lembaga Penyediaan Tenaga TNI-AL, dan Izza Nur Imarah, guru Bimbingan dan konseling, berdiskusi dengan pihak Universitas Jember yang diwakili oleh Sugiharto, Kepala Biro III, Nurrachman, Kepala Sub Bagian kerjasama beserta jajaran Humas dan Protokol.

Menurut Novika Fajarini, kedatangannya kali ini dalam rangka bersilaturahmi sekaligus menggali informasi terkait Kampus Tegalboto. Informasi ini akan diteruskan kepada anak didiknya. Kunjungan juga dimaksudkan untuk merintis kerjasama diantara dua institusi pendidikan. SMAN Taruna Nala sendiri adalah sekolah unggulan yang didirikan oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan TNI-AL. “Kebetulan kami baru berdiri tahun 2017 lalu dan baru meluluskan satu angkatan. Untuk itu kami aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi, sekaligus memperkenalkan bagaimana kompetensi lulusan SMAN Taruna Nala itu,” ujar wakil kepala sekolah yang juga guru mata pelajaran kimia ini.

Maksud senada juga disampaikan oleh Avianti Septoani, staf ahli dari Lembaga Penyediaan Tenaga TNI-AL, yang dalam keseharian turut merancang kurikulum dan sistem pengasuhan siswa SMAN Taruna Nala. “Setiap tahunnya kami menyeleksi secara ketat lulusan SMP dari Jawa Timur dan seluruh Indonesia yang berminat melanjutkan pendidikan ke SMAN Taruna Nala. SMAN Taruna Nala menyiapkan lulusan yang unggul di bidang akademis dan kesamaptaan jasmani yang baik. Dan banyak diantara siswa kami yang tertarik kuliah di Universitas Jember. Untuk itu kami sengaja berkunjung ke Kampus Tegalboto,” ujar Avianti. SMAN Taruna Nala diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 3 Juni 2017 lalu.

Niatan SMAN Taruna Nala untuk menjalin kerjasama disambut baik oleh Kepala Biro III Universitas Jember. Menurut Sugiharto, Kampus Tegalboto selalu terbuka untuk mendidik para calon mahasiswa yang berkualitas. “Dengan dukungan sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan, yang didukung oleh sarana dan prasarana yang baik, maka Kampus Tegalboto menjadi kawah candradimuka yang tepat bagi lulusan SMA sederajat yang mumpuni secara akademis maupun secara jasmani, seperti lulusan SMAN Taruna Nala. Insyallah mereka bakal menjadi pemimpin bangsa di masa datang,” katanya.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait Universitas Jember, beserta sistem penerimaan mahasiswa baru baik dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang disampaikan oleh Humas Universitas Jember. Khusus penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN mengalami perbedaan sistem yang harus diantisipasi oleh sekolah dan siswa. “Mulai tahun ini operasional SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, yang membuat banyak perubahan yang signifikan yang menuntut perhatian dari sekolah dan siswa,” urai Rokhmad Hidayanto, staf Humas dan Protokol Universitas Jember yang turut serta dalam diskusi. (iim)