Siswa SMAN Jogoroto Menuntut Ilmu Ke Kampus Tegalboto

Jember, 21 Maret 2016

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Nasehat ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama yang berkecimpung terutama di bidang pendidikan. Berangkat dari nasehat ini, keluarga besar SMAN Jogoroto, Kabupaten Jombang termotivasi untuk  melakukan study tour ke Universitas Jember yang secara jarak cukup jauh. Sulistyo, salah seorang perwakilan guru dari SMAN Jogoroto menyampaikan hal tersebut, kala memberi sambutan pada acara kunjungan SMAN Jogoroto ke Universitas Jember (21/3).

“Murid kami ini hampir sekitar 50 persen setiap tahunnya yang melanjutkan ke jenjang kuliah, namun hanya sekitar 5 persen saja yang melanjutkan kuliah sampai ke universitas yang jauh dari Jombang. Setiap kami tanya, mereka selalu “ogah-ogahan” untuk kuliah di tempat yang jauh” tutur guru fisika di SMAN Jogoroto tersebut. Sulistyo menjelaskan bahwa tujuan kedatangan kali ini ke kampus Tegalboto adalah untuk memberikan wawasan bagi siswa SMAN Jogoroto, bahwa ada banyak perguruan tinggi yang berkualitas. Mendorong siswa-siswinya agar tidak ragu-ragu untuk kuliah ke perguruan tinggi yang jauh dari Jombang.

Masih menurut Sulistyo, sebenarnya animo siswa-siswinya cukup tinggi untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan, oleh karena itu pihak sekolah berusaha memfasilitasi semangat anak didiknya. “Harapan kami sebagai guru, setelah mengadakan kunjungan ke Universitas Jember ini, murid-murid kami akan semakin mengenal Universitas Jember, dan akhirnya dapat termotivasi untuk melanjutkan kuliah ke Universitas Jember. Sebab kuliah di tempat yang jauh dari rumah juga memiliki dampak positif, mereka jadi mandiri dan mampu berkembang dengan lebih baik,” tambah Sulistyo yang kali ini datang ke Universitas Jember bersama 194 siswa SMAN Jogoroto beserta 10 tenaga pendidik lainnya.

Kedatangan kunjungan dari SMAN Jogoroto tersebut disambut hangat oleh Kepala Humas dan Protokol, Agung Purwanto. Dalam sambutannya, Agung memotivasi seluruh siswa yang ikut dalam kunjungan tersebut agar tidak ragu merantau untuk menuntut ilmu sejauh mungkin. Selain itu, Agung juga memaparkan secara umum mengenai jalur masuk perguruan tinggi negeri. Agung juga menyampaikan bahwa Universitas Jember termasuk ke dalam 18 PTN yang berakreditasi A se-Indonesia. Melihat prestasi tersebut, harapan Agung, akan ada penerus dari SMAN Jogoroto yang mampu melanjutkan kuliah ke Universitas Jember hingga melanjutkan jenjang S3 ke luar negeri.

Setelah itu, sambutan dilanjutkan dengan pemaparan lebih jelas mengenai Universitas jember yang disampaikan oleh Rokhmad Hidayanto, dan diakhiri dengan tour keliling Kampus Tegal Boto yang dipandu oleh segenap tim dari Humas dan Protokol, Universitas Jember (lid).

Leave us a Comment