Siraman Rohani Ramadhan

Jember, 29 Juni 2015

Segenap karyawan Universitas Jember mengikuti siraman rohani selama kurang lebih 90 menit di Masjid Al-Hikmah Universitas Jember, (26/6). Ceramah agama yang bertajuk “Puasa Melahirkan Manusia Beriman dan Bertaqwa” ini menghadirkan penceramah tunggal Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, MHI.

Dalam ceramahnya Kyai yang akrab disapa dengan Gus Aab ini menjelaskan, ibadah puasa akan menjadikan pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa. Selain itu, menurut Da’i yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah di IAIN Jember ini menjelaskan, keimanan dan ketaqwaan adalah suatu hal yang berbeda. “Orang yang beriman belum tentu dia bertaqwa karena iman dan taqwa adalah suatu hal yang berbeda” ujarnya.

Menurutnya, dengan berpuasa kita belajar rasa lapar dan rasa haus yang merupakan dua hal yang jamak dirasakan oleh masyarakat ekonomi lemah. “Dari puasa ini lah kita belajar menahan diri dari segala nafsu duniawi dan belajar iklas,” papar Gus Aab.

Gus Aab menjelaskan, puasa akan menekan dua sifat manusia yang bisa menjerumuskannya ke dalam neraka. “Sombong, tamak, adalah sifat yang akan menghacurkan kita dengan puasa kita kan menjadi lebih qonaah dalam hidup dan penghidupan,” imbuh Gus Aab.

Lebih jauh Gus Aab menyampaikan, selain mengajarkan kita bersikap qonaah, pada bulan Ramadhan kita diajarkan langsung untuk berbagi. “Akhir puasa kita diwajibkan untuk membayar Zakat Fitrah sebagai sebuah kewajiban tambahan bagi kita dibulan Suci Ramadhan sekaligus wujud kepedulian kepada sesame,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment