Siraman Rohani Dibulan Suci Ramadhan

Jember, 17 Juli 2014

Segenap karyawan kantor pusat Universitas Jember mengikuti siraman rohani selama kurang lebih 60 menit di aula lantai III Gedung Rektorat Universitas Jember, (11/7). Ceramah agama yang bertajuk “Puasa Melahirkan Manusia Bermanfaat Bagi Sesama” ini menghadirkan penceramah tunggal Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, MHI. Ceramah agama ini juga diikuti oleh para pejabat eselon III dan IV lingkungan Universitas Jember.

“Kita harus bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan, pimpinan harus mampu memberikan teladan yang baik bagi para bawahan, kami berkehendak kegiatan siraman rohani ini akan terus kami agendakan meskipun diluar bulan Ramadhan,” papar Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD. Rektor Universitas Jember.

Rektor menyampaikan bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat melakukan perubahan yang lebih baik. “Mari kita simak dengan baik apa yang disampaikan agar kita bisa mengambil hikmah dari kegiatan ini,” imbuh rektor.

Dalam ceramahnya Kyai yang akrab disapa dengan Gus Aab ini menjelaskan, ibadah puasa akan menjadikan pribadi muslim yang bertaqwa. Selain itu menurut da’I yang kini mulai dakwah di Eropa ini puasa juga akan menjadikan pribadi muslim yang peka terhadap fenomena sosial seperti halnya kemiskinan.

“Dengan puasa kita belajar rasa lapar dan rasa haus yang merupakan dua hal yang jamak dirasakan oleh masyarakat ekonomi lemah, dari puasa ini lah akan lahir kepedulian sosial dan solidaritas sosial untuk bisa sedikit mengurangi kesulitan mereka,” paparnya Gus Aab.

Gus Aab menjelaskan, selain mengajarkan kita merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat lemah, pada bulan Ramadhan kita diajarkan langsung untuk berbagi. “Akhir puasa kita diwajibkan untuk membayar Zakat Fitrah sebagai sebuah kewajiban tambahan bagi kita dibulan Suci Ramadhan sekaligus wujud kepedulian kepada sesame,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment