Sertijab UKM Menwa, Siap Membangun Jiwa Bela Negara

menwa_UNEJ-768×509

Jember, 21 Maret 2018

Sebagai kampus kebangsaan Universitas Jember terus berupaya untuk membangun jiwa nasionalisme dan bela negara para mahasiswanya. Salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa (UKM Menwa) adalah salah satu UKM di Universitas Jember yang kian terus melakukan penanaman dan penyebaran jiwa nasionalisme dan bela negara pada para anggotanya dan mahasiswa. UKM Menwa ini berperan penting dan strategis dalam mencetak duta-duta bela negara di lingkungan Universitas Jember.

Rabu (21/03) bertempat di gedung PKM Universitas Jember UKM Menwa menyelenggarakan Serah Terima Jabatan Komandan Satuan Menwa 807 Universitas Jember periode tahun 2018. Serah terima jabatan ini menandakan berakhirnya masa kepengurusan periode tahun 2017 yang dipimpin oleh Moh. Nizar Sahadati Amri dan akan dilanjutkan oleh Komandan baru Moh. Atok Rohman pada masa kepengurusan periode 2018.

“Ini merupakan proses pergiliran yang menjadi bagian penting dalam regenerasi kepengurusan. Saya berterimakasih kepada komandan lama yang telah mendedikasikan diri secara penuh membantu Universitas Jember khususnya dalam pembinaan kedisiplinan para mahasiswa baru,” ujar Drs. Zulfikar, Ph.D Wakil Rektor I dalam pidato singkatnya.

Dalam pidato singkatnya Zulfikar juga memuji kinerja UKM Menwa Universitas Jember. Karena berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan, UKM Menwa 807 Universitas Jember menjadi UKM yang terbaik.

“Terbaik yang saya maksud disini adalah kerena Menwa UNEJ selalu tertib dalam merencanakan program kegiatan, tertib dalam melaksanakan apa yang telah direncanakan dan tertip dalam melakukan laporan pertanggungjawaban dari apa yang telah dilakukan,” ujar Zulfikar.

Zulfikar berharap, kepengurusan yang baru memiliki program kerja yang inovatif dan terintegrasi dengan kegitan universitas.

“Jangan hanya melaksanakan program kerja warisan kepengurusan lama. Saya harap kalian juga harus terus aktif dan inovatif dalam melakukan kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme di lingkungan kampus terutama kalangan mahasiswa,” pungkasnya.

Sementara itu Moh. Atok Rohman Komandan periode 2018 yang baru saja dilantik, dalam sambutan singkatnya mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pimpinan universitas terkait pengembangan karakter bela negara bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa baru.

“Kedepan kami akan segera berkoordinasi dengan pimpinan universitas untuk menyelenggarakan acara national character building camp. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak mahasiswa perwakilan dari seluruh fakultas di lingkungan Universitas Jember. Mereka akan dididik dan dilatih untuk memiliki karakter seorang pemimpin yang cinta negara,” ujar Atok.

Atok berharap melalui program national character building camp nantinya di masing-masing fakultas ada kader yang memiliki jiwa kepemimpinan dan cinta negara.

“Mereka nanti akan menjadi kader yang akan menularkan jiwa nasionalisme mereka kepada teman-teman mahasiswa lain yang ada dimasing-masing fakultas. Kader itu pulalah yang akan menumbuhkan jiwa nasionalaisme agar  tidak mudah terprofokasi oleh isu-isu yang bisa merusak keutuhan kesatuan bangsa,” ujar Atok.

Selain dihadiri oleh beberapa pimpinan di lingkungan Universitas Jember, dalam acara yang berlangsung cukup singkat ini juga dihadiri oleh perwakilan dari TNI Polri yang ada di wilayah Jember. Selain itu juga nampak perwakilan UKM lain di lingkungan Universitas Jember serta beberapa Menwa dari beberapa kampus negeri dan swasta yang ada diwilayah Jember dan sekitarnya.(del/mun)