Seribu Siswa SD Di Jember Dilatih Jadi Kader Dokter Gigi Kecil

DSC_9039

Jember, 18 Maret 2016

Sebanyak 1054 siswa sekolah dasar di Jember dilatih menjadi kader Dokter Gigi Kecil. Program ini adalah kerjasama antara Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jember, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember dan pemerintah kabupaten Jember, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia. Pembukaan program ini ditandai dengan sikat gigi masal di alun-alun Jember yang dihadiri oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR didampingi Ketua PDGI Cabang Jember yang juga Dekan FKG Universitas Jember, drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp.Pros (18/3).

“Ini adalah moment penting. Hari ini terjalin sinergi antara pemerintah, kalangan profesional dan dunia pendidikan dalam mewujudkan pembangunan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut di Jember,” kata Bupati Jember memulai sambutannya. Menurut dr. Faida, MMR, pembentukan Kader Dokter Gigi Kecil adalah langkah yang patut mendapatkan apresiasi. Pasalnya anak-anak adalah calon pemimpin bangsa di masa depan, dan untuk menjadi pemimpin dibutuhkan insan yang sehat.

Seribuan siswa sekolah dasar dari beberapa sekolah itu kemudian berlatih menyikat gigi yang baik dan benar dengan bimbingan para dokter gigi yang tergabung dalam PDGI Cabang Jember. “Ini memang masanya Jember Baru, jika biasanya orang tua mengajari anak-anaknya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, nanti justru Kader Dokter Gigi Kecil yang akan mengajari keluarganya,” tambah dr. Faida, MMR, sambil menyapa siswa sekolah dasar yang asyik menyikat gigi.

Sementara itu ditemui di sela-sela kegiatan, drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp.Pros menjelaskan ide dibalik kegiatan ini adalah hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 yang menunjukkan 25.9% penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut, salah satunya karies gigi yang terutama banyak diderita anak-anak. “Oleh karena itu PDGI cabang Jember memilih tema Gerakan Bebas Karies Gigi Bagi Masyarakat Jember,” jelas pria berkacamata ini.

PDGI bersama FKG Universitas Jember dan pihak sekolah telah menyusun program untuk menyukseskan Gerakan Bebas Karies Bagi Masyarakat Jember. Seperti yang tengah dilakukan adalah melatih siswa sekolah dasar menjadi Kader Dokter Gigi Kecil. Nantinya para siswa ini akan menjalani masa 21 hari sikat gigi pagi dan malam hari. Setiap kali menyikat gigi, mereka akan menempelkan stiker khusus pada lembaran yang sudah dibagikan oleh panitia. “Nanti pada tanggal 9 April 2016, PDGI dan FKG Universitas Jember akan memeriksa kesehatan gigi dan mulut para siswa yang hari ini mengikuti sikat gigi masal. Harapannya tidak hanya gigi mereka sehat, namun mereka bisa menularkan kebiasaan menyikat gigi dengan baik kepada keluarganya,” kata Rahardyan lagi. (iim)

Leave us a Comment