Seminar Nasional Manajemen Terapi Asma Dan Tuberkulosis Terkini

Jember, 10 September 2015

Penyakit asma merupakan penyakit respiratori kronis yang memiliki prevalensi tinggi di Indonesia. Pengobatannya disamping merupakan terapi jangka panjang juga membutuhkan perhatian khusus. Penyakit tuberkulosa (TB) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikobakterium tuberkulosa. Di Jember sendiri kasus TB cukup tinggi yaitu 3.000 kasus baru per tahun.

Walaupun obat-obat TB telah mengalami kemajuan pesat dan cukup efektif, tetapi penanggulangannya dan pemberantasannya sampai saat ini masih belum memuaskan. Salah satu kendala dalam pengobatan TB paru adalah pengobatan yang tidak adekuat dan resistensi terhadap OAT. Tujuan diselenggarakan seminar ini adalah agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para peserta seminar di bidang Terapi Asma dan TB.

Selain itu dengan seminar ini diharapkan para apoteker peserta seminar dapat berperan dalam penanggulangan TB melalui strategi TEMPO (Temukan Pasien secepatnya, Pisahkan secara Aman, Obati dengan benar).

Pemateri seminar menghadirkan Mariyatul Qibtiyah, Sp. FRS., Apt dari RS DR. Sutomo, Ibu Dokter spesialis Paru dr Movita, Sp.P dari Rumah Sakit Paru Jember, Prof Ellin Yulinah, Apt dari ITB.

Peserta dalam seminar ini merupakan para Apoteker se Karisidenan Besuki, Probolinggo dan Lumajang, tenaga teknis kefarmasian, dan mahasiswa. Kegiatan seminar ini terselenggara atas kerjasama Badan Eksekutif Mahasiswa dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) cabang Jember. Adapun sponsor kegiatan adalah PT Novel, PT. Boeringer, Indofarma dan beberapa Industri Farmasi lainnya. (Farm/Mj)

Leave us a Comment