Seminar Nasional Kedaulatan Pangan

Jember, 24 Juni 2014

Univeritas Jember gelar seminar nasional ketahanan pangan yang mengusung tema “Membangun Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat Yang Selaras Dengan Amanat Pancasila dan UUD 1945,” Senin (23/6). Bertempat di Gedung Mas Soerachman Lt. III Unej acara ini menghadirkan pemateri Kementrian Pertanian bidang Pusat Analisis Sosek dan Kebijakan Pertanian Dr. Ir. Erwidodo, MS.

Acara yang merupakan rangkaian dari peringatan bulan pancasila yang terselenggara atas kerjasama Universitas Jember dan Politeknik Jember ini, juga menghadirkan Ketua Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR. Hadir pula Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Ir. Bagus, Mp. Kepala Dinas Pertanian Jember, Kepala Dinas Perkebunan, Ketua KTNA serta Ketu Gapoktan Kab. Jember.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc., Ph.D. menyampaikan, kegiatan tersebut dirancang untuk mengedepankan semangat pancasila dalam segala aspek kehidupan khususnya persoalan ketahanan pangan. Menurutnya, kita harus senantiasa memiliki keteguhan bahwa Pancasila merupakan landasan yang paling pas bagi Indonesia.

Bukan persoalan lagi kita membahas masalah nasionalisme maupun religius. Karena menurutnya Pancasila sudah mencakup keduanya.

Hasan juga mengajak kepada semua yang hadir untuk selalu berusaha menuju kondisi yang lebih baik lebih baik terutama dalam bidang pangan. “ Kita harus selalu sadar dengan penuh semangat bahwa dari waktu kewaktu perlu kiranya selalu menuju kondisi yang lebih baik dan lebih tinggi tingkat kemapanannya dalam segala aspek termasuk dalam hal ketahanan pangan” pungkasnya.

Julian Adam Ridjal, SP., MP. Ketua panitia menyampaikan, acara seminar nasional tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kedaulatan pangan sebagai wujud kekuatan menuju kemandirian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu menurutnya, untuk mencari masukan dan solusi dalam membangun kekuatan ketahanan pangan yang mampu mewujudkan kedaulatan pangan sesuai amanah UUD 1945 dan Pancasila. “Acara ini sangat penting kiranya diselenggarakan dalam rangka mencari rumusan konsep ketahanan pangan bagi kesejahteraan rakyat yang dapat diimplementasikan oleh semua kalangan masyarakat,” tutur Julian. (Mj)

Leave us a Comment