Semarak Ramadhan Di Kampus Tegalboto

Jember, 10 Juni 2016

Suasana bulan Ramadhan 1437 hijriah juga terasa di Kampus Tegalboto, salah satunya dengan maraknya berbagai kegiatan untuk mengisi bulan penuh berkah ini. Seperti yang dilakukan oleh rektorat Universitas Jember dengan mengadakan siraman rokhani di Jumat pagi (10/6) bagi dosen dan karyawan di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto. Hadir sebagai pemateri, KH. Abdullah Syamsul Arifin. “Jika biasanya kegiatan siraman rokhani bagi dosen dan karyawan dijadwalkan sebulan sekali, maka selama bulan Ramadhan kita adakan tiga kali,” kata Pembantu Rektor I, Zulfikar saat membuka kegiatan siraman rohani.

Dalam tausiah-nya, KH. Abdullah Syamsul Arifin mengingatkan hadirin agar memanfaatkan moment bulan Ramadhan sebagai bulan meningkatkan ibadah. Pasalnya bulan Ramadhan adalah bulan paling istimewa karena di dalamnya ada tiga keutamaan, yakni bulan turunnya Al Qur’an, bulan pembersihan diri dan bulan beribadah. “Jangan lupa, puasa juga melatih kita untuk dapat mengendalikan kebutuhan dasar seperti makan dan minum. Jadi, jika kebutuhan dasar saja bisa kita kendalikan, maka kebutuhan sekunder bahkan tersier yang berupa keinginan seharusnya bisa kita kendalikan juga. Orang yang puasanya sukses adalah orang yang mampu  membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan,”  urai Ketua PCNU Jember ini.

Mengisi bulan puasa dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat juga dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Jember.         Beragam kegiatan mulai dari kajian Islami hingga sahur bersama digelar. “Rangkaian acara dalam rangka menyambut bulan Ramadhan kami namakan GHIRAH atau Gema Ramadhan. Ada acara Menara atau Majelis Menjelang Magrib, bhakti sosial, pengumpulan zakat sampai halal bi halal,” kata Ja’far Sidiq ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Universitas Jember.

Adapun kegiatan baru yang dikelola oleh LDK Universitas Jember adalah sahur bersama. “Kalau buka bersama memang kami gelar setiap hari dan kami berikan gratis, namun untuk sahur bersama ini akan kami laksanakan nanti pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, sekalian ibadah i’tikaf dan ditutup dengan sahur bersama. Semua kegiatan berpusat di masjid Al Hikmah,” ujar  Ja’far Sidiq.

Sementara untuk kegiatan yang bernuansa ilmiah, LDK Universitas Jember menggelar berbagai kajian, seperti kajian setiap hari menjelang saat berbuka puasa. “Selama Ramadhan juga ada tambahan kajian Islam setiap ba’da jamaah sholat dhuhur, jadi para ustad yang bertugas sebagai imam juga diwajibkan memberikan tausiah singkat mengenai seputar Islam atau istilah umumnya kultum,” imbuh Ja’far yang mahasiswa Teknik Sipil ini.

Ja’far menambahkan, tidak hanya kajian Islami pada menjelang akhir Ramadhan juga akan dilaksanakan bakti sosial. “Nanti kami juga akan mengundang para anak yatim, jadi bagi keluarga besar Universitas Jember yang hendak berbagi riski bisa ikut serta dalam agenda tersebut,” pungkasnya. Selain kegiatan bernuansa keagamaan, Universitas Jember juga memfasilitasi mahasiswa yang berwirausaha dengan cara menyediakan lahan untuk berjualan takjil di double way Kampus Tegalboto. (moon/iim).

Leave us a Comment