Semarak Ramadhan di Kampus Tegalboto

Ramadhan-1_UNEJ-768×512

Jember, 25 Mei 2018

Datangnya bulan Ramadhan disambut dengan gembira oleh segenap umat muslim, tidak terkecuali di Kampus Tegalboto. Ramadhan di Universitas Jember semarak dengan berbagai kegiatan, seperti kegiatan Tabligh Akbar Ramadhan (Tabir), yang diadakan hari Jumat pagi di masjid Al Hikmah (25/5). Tampil sebagai pembicara, KH. Badrus Shodiq, pengasuh Pondok Pesantren Daarul Hidayah, Gambirono, Bangsalsari, Jember. Turut hadir dalam pengajian kali ini Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember bersama jajaran pimpinan rektorat dan dekanat. Dalam tausiyahnya, KH. Badrus Shodiq mengajak keluarga besar Universitas Jember untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini, salah satunya dengan membaca Al Qur’an.

“Ayo perbanyak ibadah di bulan Ramadhan, sebab pahalanya berlipat ganda. Salah satu yang bisa kita lakukan dengan membaca Al Qur’an, tapi ingat hendaknya tidak sekedar membaca Al Qur’an namun ditindaklanjuti dengan memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan Al Qur’an,” pesan KH. Badrus Shodiq. Dirinya lantas mengibaratkan orang yang tidak pernah membaca Al Qur’an bak tanaman brotowali yang pahit, sementara mereka yang hanya membaca Al Qur’an namun belum mengamalkan isinya seperti tanaman kemangi, yang harum baunya. “Orang yang membaca Al Qur’an sekaligus mengamalkannya ibarat tanaman jeruk, manis dan harum rasanya,” tuturnya.

Sementara itu menurut Abdul Majid, pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Jember, selain menggelar kegiatan Tabir setiap hari Jumat pagi selama bulan Ramadhan, pihaknya menggelar berbagai kegiatan lain untuk menyemarakkan bulan Ramadhan. “Setiap sore sebelum berbuka puasa ada Karimah, alias Kajian Rutin di Masjid Al Hikmah. Sehabis sholat dhuhur juga ada kuliah tujuh menit atau Kultum dari para dosen kampus Tegalboto dan dai jember. Mahasiswa yang tergabung dalam LDK juga mengagendakan berbuka bersama anak yatim selain kegiatan rutin di bulan Ramadhan seperti sholat tarawih, tadarus, iktikaf dan sholat Idul Fitri,” ujar pria yang juga Wakil Dekan III Fakultas Pertanian ini. Untuk diketahui kegiatan serupa juga diadakan di tingkat fakultas.

Selain kegiatan bernuansa ibadah, kegiatan lainnya seperti penyediaan kebutuhan Ramadhan juga digelar oleh berbagai unit kerja di Universitas Jember, seperti yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (25/5). Sementara itu untuk Pasar Murah Ramadhan yang merupakan kegiatan rutin Dharma Wanita Universitas Jember setiap Ramadhan tiba, bakal digelar pada hari Selasa, 5 Juni 2018. Begitu pula dengan Sunday Market Kreanova yang menggelar berbagai kebutuhan dan pernak pernik Ramadhan setiap sore di gerbang masuk kampus Tegalboto. “Biasanya Sunday Market Kreanova yang menampilkan kreasi warga Universitas Jember dari dosen, mahasiswa, karyawan dan alumni tampil di Minggu pagi, tetapi khusus selama bulan Ramadhan kami hadir setiap sore hari menjelang buka puasa,” ujar Soni S. Harsono, koordinator Sunday Market Kreanova. (dian/iim)