Seluruh Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bakal Peroleh Sertifikat Akuntan Publik

FEB_UNEJ-768×511

Jember, 15 Oktober 2018

Seluruh dosen di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember ditargetkan secara bertahap bakal memperoleh sertifikat sebagai akuntan publik. Dengan bekal sertifikat sebagai akuntan publik ini, maka diharapkan semua dosen Program Studi Akuntansi menguasai aspek keilmuan maupun praktek akuntansi secara paripurna. Dengan penguasaan aspek ilmu dan praktek akuntansi yang baik tersebut, maka diharapkan akan lahir lulusan Program Studi Akuntansi yang baik pula. Guna mencapai target tersebut, Program Studi Akuntansi menggelar workshop bertema Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Dosen Akuntansi selama tiga hari (13-15/10) di lantai 2 dekanat FEB Universitas Jember.

Menurut Agung Budi Sulistyo, ketua panitia kegiatan, workshop kali ini diikuti oleh 32 orang dosen, dengan menghadirkan tiga pemateri dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Program Studi Akuntansi FEB Universitas Brawijaya, Malang. “Workshop dirancang agar para peserta paham akan praktek-praktek akuntansi berkelanjutan sekaligus meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen akuntansi di FEB Universitas Jember,” jelas Agung Budi Sulistyo.

Dirinya lantas menambahkan, materi yang diberikan didesain secara khusus agar dapat memberikan bekal bagi peserta dalam memperoleh sertifikat akuntan publik. “Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan visi dan misi Universitas Jember yang memiliki fokus kepedulian terhadap pengembangan agroindustri, salah satunya adalah akuntansi yang berbasis pada lingkungan yang memiliki dua aspek utama, yaitu aspek sosial dan lingkungan. Materi ini merupakan satu bidang keahlian pada pelatihan ini,” tambahnya.

Hadir sebagai pemateri, guru besar akuntansi Prof. Eko Ganis Sukoharsono, MCom (Accy). MCom-Hons., PhD. Narasumber lainnya adalah Dr. Ali Darwin, Ak., MSc., CSP, dan Dr. Erwin Saraswati, Ak., CPMA., ASCA. Materi yang diajarkan antara lain proses pelaporan akuntansi, manajemen dan pelaporan yang berkelanjutan, prinsip pelaporan akuntansi dan materi lainnya. Dalam kesempatan ini, Prof. Eko Ganis Sukoharsono mengatakan, workshop dengan model in house training ini tidak hanya memberikan bekal ilmu dan praktek pelaporan akuntansi kepada dosen, namun juga bermanfaat memperkuat teamwork diantara dosen. (Is)