Selangkah Lagi, Universitas Jember Di Bondowoso Resmi Dibuka

Visitasi Kampus Bondowoso

Jember, 8 Mei 2017

Rencana pembukaan Universitas Jember di Bondowoso selangkah lagi terlaksana. Kepastian ini diungkapkan oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, saat mendampingi dua orang asesor dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan visitasi kesiapan kampus Universitas Jember yang berlokasi di Educational Development Center (EDC) Bondowoso (5/5). Optimisme Zulfikar didasari kesiapan Universitas Jember bersama pemkab Bondowoso menyiapkan sarana dan prasarana, serta tenaga pengajar untuk Universitas Jember di Bondowoso.

“Insyaallah tahun akademik 2017/2018 ini, Universitas Jember di Bondowoso atau Kampus 2 Universitas Jember, sudah menerima mahasiswa baru. Ada dua program studi yang akan kita buka, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Ekonomi Syariah,” jelas Zulfikar. Bahkan rencananya, pembukaan dua program studi tersebut akan diikuti program studi lainnya, yakni program studi Peternakan, Perkebunan, dan Ilmu Gizi. “Kami juga sudah menyediakan tenaga pengajar tetap untuk kedua program studi tadi, masing-masing sebanyak delapan orang dosen,” tambah Zulfikar yang siang itu didampingi Dekan FKIP, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Pertanian. Turut hadir pula para dosen yang bakal mengajar di Kampus 2 Universitas Jember.

Kesiapan Universitas Jember dan pemkab Bondowoso dipuji oleh para asesor yang hari itu hadir, Abimanyu Dipo Nusantara dan Tatok Setianto. Menurut Abimanyu, jika dilihat dari sisi geografis, Bondowoso berbatasan langsung dengan Jember sehingga keberadaan Kampus 2 Universitas Jember termasuk dalam pengembangan program studi dan bukan Program Studi Di Luar Kampus Utama atau bahkan kelas jauh. “Faktor kedekatan jarak ini penting karena terkait dengan mobilitas dosen dan mahasiswa antara kampus Universitas Jember di Tegalboto dan kampus 2 di Bondowoso,” ujar Abimanyu yang juga alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember ini.

Sementara itu Hidayat, Sekertaris Daerah Kabupaten Bondowoso memaparkan kesiapan Pemerintah Kabupaten Bondowoso mendukung pembukaan kampus Universitas Jember di Bondowoso. Dukungan ini dirupakan dalam bentuk penyediaan lahan lengkap dengan gedung perkuliahan seluas 9,6 hektar di areal Education Development Center (EDC). Dukungan ini diberikan karena Pemerintah Kabupaten Bondowoso ingin meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bondowoso dan pengembangan bidang pendidikan, pertanian dan perkebunan, serta peternakan yang menjadi salah satu program utama Pemerintah kabupaten Bondowoso.  “Tahun ini kami sudah mengganggarkan dana sebesar 12 milyar rupiah untuk pengembangan sarana dan prasarana bagi Kampus 2 Universitas jember di Bondowoso,” jelasnya.

Kegiatan visitasi lantas dilanjutkan dengan diskusi antara asesor dengan Universitas Jember yang dipimpin oleh Wakil Rektor I, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, serta para dosen yang bakal bertugas di kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso. Para asesor juga melihat dari dekat kondisi gedung perkuliahan dan sarana pendukung lainnya yang ada di lokasi EDC Bondowoso. (iim)