SEKOLAH HARUS MEMPERHATIKAN INDEKS SEKOLAH DAN SISWA AGAR MAMPU BERSAING DALAM SNMPTN

Jember, 27 November 2014

Sekolah yang menginginkan siswa-siswinya diterima di perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) harus memperhatikan dua hal, indeks sekolah dan indeks siswa. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD saat menerima rombongan Kepala Sekolah dan guru dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Jember (26/11). “Penentuan apakah seseorang lolos dalam SNMPTN bergantung pada indeks sekolah dan indeks siswa. Porsi indeks sekolah sebesar 40 persen dan sisanya dari indeks siswa,” jelas Drs. Zulfikar, PhD.

Drs. Zulfikar, PhD mengharapkan agar sekolah membangun indeks sekolah dan indeks siswa secara bersama-sama agar siswa-siswinya mampu bersaing dalam ajang SNMPTN. Pembantu Rektor I kemudian mencontohkan item indeks sekolah semisal akreditasi sekolah, jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, prestasi siswa bersangkutan selama kuliah dan lainnya. “Dalam SNMPTN yang dinilai tidak hanya prestasi siswa, namun juga prestasi sekolah. Oleh karena itu sayang jika ada siswa pintar, tapi tidak didukung dengan indeks sekolah sehingga gagal bersaing dalam SNMPTN,” urai Drs. Zulfikar, PhD saat menerima rombongan MAN 1 Jember di aula lantai II gedung rektorat. Sementara itu indeks siswa meliputi nilai rapor dan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik.

Sementara itu Kepala Sekolah MAN 1 Jember, Drs. Anwari SY, MA menjelaskan, kedatangan dirinya bersama para guru MAN 1 Jember dalam rangka mengetahui lebih jelas mengenai prosedur SNMPTN dalam rangka meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri. “Kami berusaha memfasilitasi siswa-siswi MAN 1 Jember  yang berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri, apalagi SNMPTN mensyaratkan peran aktif sekolah selain tentunya menjalin hubungan baik dengan Universitas Jember,” katanya.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat ini, Drs. Zulfikar, PhD banyak memberikan pengetahuan dan wawasan terkait SNMPTN, termasuk tips agar indeks sekolah MAN 1 Jember meningkat. Salah satunya adalah mendorong lulusan MAN 1 Jember untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tidak hanya melalui jalur SNMPTN saja, namun melalui jalur lain semisal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri atau ujian lokal pada masing-masing perguruan tinggi negeri. “Manfaatkan SBMPTN dan ujian mandiri atau ujian lokal di tiap-tiap perguruan tinggi negeri, khususnya melalui ujian mandiri sebab persaingannya tidak terlalu ketat,” pungkas Drs. Zulfikar, PhD. (iim/mj)

Leave us a Comment