SBMPTBR, Sinergi Antara PTN Dengan PTS

Jember, 21 Juli 2016.

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) Gelombang I untuk jenjang sarjana telah diumumkan tanggal 19 Juli 2016 lalu, dan kini berlanjut ke pendaftaran Gelombang II untuk jenjang diploma. Sistem seleksi mahasiswa baru yang dilakukan bersama antara perguruan tinggi dan swasta ini, mendapatkan apresiasi dari pihak perguruan tinggi swasta (PTS) karena membawa banyak dampak positif.

Menurut Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Banyuwangi, Andang Subaharianto, SBMPTBR menjadi sarana untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas karena menggunakan ujian yang sudah dirancang dengan baik. “Dengan bergabung dalam SBMPTBR, kami ingin menegaskan kepada masyarakat, bahwa untuk masuk ke Untag Banyuwangi itu tidak sembarangan, ada seleksi yang harus diikuti,” kata Andang Subaharianto di sela-sela kesibukannya (21/7).

Dirinya lantas berharap kerjasama antara Universitas Jember sebagai PTN dengan PTS di Besuki Raya tidak hanya berhenti di tataran penerimaan mahasiswa baru, namun juga di bidang yang lain. “Kami tengah merancang kerjasama dengan Universitas Jember dalam  pendampingan akreditasi, dan akses bagi mahasiswa kami ke perpustakaan Universitas Jember,” tambah Andang Subaharianto.

Pendapat senada diungkapkan Rektor Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo, Syaiful Bahri, pelaksanaan SBMPTBR yang menginjak tahun kedua ini membuat kampusnya makin dikenal secara luas. “Yang jelas walaupun SBMPTBR ini seleksi mandiri dari Universitas Jember bersama perguruan tinggi swasta lain di Besuki Raya, namun pesertanya berasal dari seluruh Indonesia, Sehingga kampus kami juga lebih dikenal khalayak,” ujar Syaiful Bahri di kampus UPM.

Sementara itu menurut Pembantu Rektor I Universitas Jember, Zulfikar, pelaksanaan SBMPTBR tahun ini adalah tahun yang kedua. Keputusan untuk kembali menggelar SBMPTBR ini adalah hasil pertemuan antara Universitas Jember bersama PTS di Besuki Raya yang diadakan di kampus Universitas Abdurachman Saleh Situbondo bulan Februari 2016 lalu. “Dari hasil evaluasi, banyak PTS di Besuki Raya yang merasakan keuntungan dengan adanya model penerimaan bersama mahasiswa baru seperti ini. Pelaksanaan SBMPTBR mendapatkan apresiasi oleh Kopertis wilayah VII, bahkan ada rencana bakal menjadi model penerimaan bersama PTS di Jawa Timur,” imbuhnya. (iim)

2 Comments

  • ratry
    Reply

    https://sister.unej.ac.id/um
    apakah link ini masih belum bisa digunakan?

    apakah link tersebut (UM2) akan digelar kembali?

    • khalida nadilah
      Reply

      tidak bisa digunakan untuk saat ini.

Leave us a Comment