Sat Menwa 807 Universitas Jember Gelar Kegiatan Bintaljas

Bintaljas-1-768×512

Jember, 22 Januari 2019

Satuan Resimen Mahasiswa (Sat Menwa) 807 Universitas Jember kembali menggelar kegiatan rutin, Pembinaan Mental dan Jasmani (Bintaljas) angkatan 69 tahun 2019. Kegiatan yang bertujuan mempersiapkan calon anggota Sat Menwa ini digelar mulai 18 Januari hingga 23 Januari. Para peserta menerima materi teori di kelas seperti kepemimpinan, dasar-dasar organisasi, pengembangan motivasi, dan wawasan kebangsaan yang dipusatkan di Stadion Universitas Jember. Sementara materi berupa praktek lapangan seperti materi navigasi darat, bela diri Yong Mo Do, serta pengenalan dan bongkar pasang senjata ringan dilaksanakan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Resimen Induk (Rindam) Kodam V Brawijaya (22/1).

Saat ditemui di Secaba (22/1), Bintara Putra Chandra Baretta, komandan satuan tugas Bintaljas menjelaskan, kegiatan Bintaljas adalah kegiatan pra pendidikan yang bertujuan mempersiapkan mental dan jasmani calon anggota Sat Menwa, serta mengenalkan mereka pada pola kehidupan dan tradisi Sat Menwa. “Setelah mengikuti kegiatan Bintaljas, rencananya pada tanggal 4 Februari nanti mereka bakal bergabung dengan para calon anggota Sat Menwa lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur untuk mengikuti Pendidikan Dasar Sat Menwa di Dodikjur Rindam V Brawijaya di Malang selama 21 hari,” ujar mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP ini.

Sementara itu saat memberikan materi pengenalan dan bongkar pasang senjata ringan, Serma. Suyitno, instruktur senjata ringan dari Secaba Rindam V Brawijaya menjelaskan, sebagai salah satu komponen cadangan pertahanan di Indonesia, maka anggota Sat Menwa perlu membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan akan senjata ringan. Sehingga jika tenaganya sewaktu-waktu diperlukan, maka dapat membantu tugas TNI. “Hari ini kita belajar senjata ringan berupa pistol P1 buatan PT. Pindad, dan senapan M-16 dan SS-1 yang merupakan senjata standar yang dipakai oleh TNI,” ujarnya di hadapan para calon anggota Sat Menwa 807 Universitas Jember.

Kegiatan Bintaljas angkatan 69 diikuti oleh 14 peserta calon anggota Sat Menwa dari berbagai fakultas di kampus Tegalboto. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dul Khalim, Kepala Biro I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni di stadion Universitas Jember (18/1). Dalam sambutannya, Dul Khalim berharap, agar para mahasiswa Kampus Tegalboto yang nantinya bakal menjadi anggota Sat Menwa 807 dapat mengikuti seluruh tahapan kegiatan dengan baik. Pasalnya berbagai materi yang diberikan dalam Bintaljas sudah disusun dengan seksama sehingga mampu menjadi bekal softskill berharga bagi mahasiswa.

“Selain mendapatkan materi dasar yang merupakan materi khas dari Sat Menwa, para calon anggota Sat Menwa 807 telah mendapatkan pengetahuan akan kondisi pertahanan dan keamanan Indonesia terkini serta ancaman proxy war yang diberikan oleh pemateri dari Kodim 0824 Jember. Para peserta juga kami ajak belajar mengenai bagaimana penanggulangan bencana yang bekerjasama dengan Kantor SAR di Jember,” pungkas Bintara Putra Chandra Baretta. (iim)