Robot JR 13 Universitas Jember Maju Ke Kontes Robot Indonesia 2016

Jember, 18 Mei 2016

Robot JR 13 hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Jember berhasil meraih juara empat dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV di Politeknik Negeri Jember, 6-7 Mei 2016 lalu. Hasil tersebut membawa Robot JR13 berhak tampil di tingkat nasional dalam ajang Kontes Robot Indonesia 2016 yang rencananya akan diadakan pada bulan Juni mendatang. Kontes Robot Indonesia Regional IV kali inidiikuti sebanyak 91 tim dari 34 perguruan tinggi negeri dan swasta dari Jawa Timur hingga Sulawesi Selatan.

“Sebenarnya kami mampu berada di posisi dua atau tiga jika saja robot kami tidak bermasalah, namun kami sangat bersyukur bisa tampil sebagai juara 4. Kami berjanji akan menebus kegagalan di ajang nasional Juni mendatang,” ujar Devri Berta Irawan ketua tim JR 13 menceritakan pengalamannya saat berlaga di KRI Regional IV. Devri mengatakan, dalam babak penyisihan Robot JR 13 berhasil tampil sebagai juara grup dengan menumbangkan tim dari Unesa, Surabaya dan tim dari Universitas Nusa Cendana, Kupang. Dari hasil itu tim JR 13 kemudian melaju ke babak perempat final.

“Sayangnya dalam pertandingan di babak perempat final robot kami sempat jatuh yang mengakibatkan gangguan pada sistem,” imbuh Devri. Devri mengaku, setelah robot JR 13 jatuh roda bagian depan robot tidak lurus yang berdampak pada laju robot saat berada dalam lintasan. Masih digunakannya sistem manual pada robot juga menjadi persoalan tersendiri. “Kami lupa melakukan pengecekan robot setelah jatuh, ternyata roda depan miring, sistem robot kami juga masih menggunakan sistem manual sehingga lumayan berat untuk bersaing dengan tim yang robotnya menggunakan sistem auto,” imbuh Devri.

Dari pengalaman dalam pertandingan di KRI Regional IV lalu, Devri dan kawan-kawan akan  segera memperbaiki sistem robot dan semakin banyak berlatih. “Kami yakin dengan sedikit perbaikan dan menambah jadwal latihan bersama, tim kami bisa tampil maksimal dalam ajang kontes robot nasional,” pungkasnya. (moon)

Leave us a Comment