Ribuan Penyuka Sepeda Onthel Berpawai di Kampus Tegalboto

Onthel-1-768×512

Jember, 5 November 2018

Ribun penyuka sepeda tua atau sering juga disebut sepeda onthel, bertemu di Kampus Tegalboto di hari Minggu pagi (4/11). Mereka yang berasal dari berbagai daerah ini bertemu dalam rangka menjalin silaturahmi, dan mengikuti kegiatan “Pawai Onthel Nusantara 2018” yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Festival Tegalboto yang digelar menyambut Dies Natalis ke 54, yang jatuh pada tanggal 10 November 2018. Berbagai kelompok pegiat sepeda tua di Jawa dan Bali turut serta, semisal dari Jembrana, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Bantul, Banyumas hingga Jakarta.  Dan tentu saja pegiat sepeda onthel dari Jember sebagai tuan rumah.

“Hingga hari pelaksanaan, tercatat ada 2.743 peserta yang mendaftarkan diri. Sungguh luar biasa semangat dulur-dulur onthelis yang rela datang dari jauh untuk mengikuti Pawai Onthel Nusantara 2018 di Kampus Tegalboto. Semuanya guyub semuanya rukun,” ujar Ahmad Nafi, ketua panitia kegiatan yang pagi itu turut sibuk mempersiapkan acara. Tidak hanya menampilkan deretan sepeda tua yang masih terawat, banyak peserta yang memakai kostum unik dan menarik. Semisal kostum seragam tentara jaman dahulu, pakaian khas daerah masing-masing, hingga bergaya ala Jember Fashion Carnaval. “Tidak hanya pakaian mereka yang khas, lihat saja sepedanya juga unik. Ada sepeda dari bambu, sepeda dengan sound system, sepeda model kuno hingga sepeda berukuran tinggi yang antik,” kata Ahmad Nafi lagi.

Sementara itu dalam sambutan pelepasannya, Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember, menjelaskan kegiatan Pawai Onthel Nusantara digelar secara rutin setiap kali Dies Natalis Universitas Jember dengan tujuan turut mempopulerkan transportasi sepeda yang murah, meriah dan sehat. “Kegiatan bersepeda ini cocok dengan suasana Kampus Tegalboto yang hijau, asri dan nyaman, apalagi bersepda itu olahraga yang merakyat,” tutur Zulfikar yang hadir mewakili Rektor Universitas Jember yang berhalangan hadir. Untuk diketahui, kegiatan Pawai Onthel Nusantara tahun ini adalah kali keempat diadakan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), yang ditunjukkan dengan kehadiran segenap pengurus Kosti Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Purnomo.

Pawai onthel berawal dari Kampus Tegalboto, peserta kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri jalan-jalan protokol di Jember sejauh kurang lebih 16 kilometer, yang akhirnya berakhir di Kampus Tegalboto. Selain bersilaturahmi dengan sesama penggemar sepeda tua, beberapa peserta memanfaatkan kegiatan ini dengan membuka lapak yang menjual berbagai onderdil, dan pernak pernik sepeda tua. Sementara itu peserta yang beruntung mendapatkan doorprize dari panitia dan sponsor, termasuk hadiah bagi peserta yang datang paling jauh, yang diraih oleh peserta dari Bantul, Yogyakarta. (iim)