Rela Tidak Pulang Demi Saudara Baru

Jember, 4 Agustus 2014

Setelah diumumkannya hasil tes SBMPTN seteluruh peserta yang diterima di Universitas Jember diwajibkan hadir secara langsung untuk melakukan verifikasi final dan registrasi. Bagi para peserta yang berasal dari luar Kota Jember tidak perlu bingung dalam mencari informasi mengenai seputar akademik  maupun nonakademik. Hal itu dikarenakan Ikatan Mahasiswa Daerah membuka posko pusat informasi bagi para calon mahasiswa.

“Kami siap membantu para calon mahasiswa baru dalam mencari informasi apapun termasuk menyediakan tempat tinggal sementara bagi yang kebingungan dalam mencari tempat istirahat sementara,” ujar Riko dari Forum Komunikasi Mahasiswa Tulungagung (FKMT).

Menurutnya, setelah beberapa hari menikmati liburan ditanah kelahiran Tulungagung dia sengaja kembali ke Jember untuk membantu para calon mahasiswa baru. “Kami ini kan perantauan jadi harus guyub harus saling membantu karena pada dasarnya disini kami adalah saudara,” tuturnya penuh semangat.

Senada dengan Riko, Anwar yang berasal dari Keluarga Mahasiswa Perantauan (KEMAPATA) Blitar menuturkan, bagi mereka kehadiran mahasiswa baru asal Blitar juga berarti menambah keluarga baru. “Seluruh mahasiswa asal Blitar adalah keluarga besar kami dan hadirnya mahasiswa baru Blitar juga akan hadirkan keakraban baru diantara kami,” ujarnya sembari melengkapi menunggu datangnya mahasiswa baru Blitar.

Baik Riko maupun Anwar mengaku ada saja suka dan duka dalam menyambut saudara dari daerah mereka masing-masing. “Kami iklas untuk membantu saudara baru kami sehingga kami memilih mudik sampai kegiatan registrasi selesai,” imbuh mereka. Kegiatan ini memang rutin mereka lakukan setiap tahunnya disaat regitrasi mahasiswa baru dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. (Mj)

Leave us a Comment