Rektor Universitas Jember Turut Melepas 1650 Calon Jamaah Haji Jember

Jember, 8 September 2014

Pemkab Jember bersama Rektor Universitas  Jember Drs. Moh. Hasan, M.SC, Ph.D secara resmi melepas 1.650 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Jember. Acara yang dilangsungkan di Gedung Soetardjo Universitas Jember ini dibuka dengan kegiatan istighosah yang dipimpin 5 kyai yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Jember, Imam Bukhari, kegiatan pelepasan pada tahun ini cukup berbeda. Karena menurutnya biasanya pelepasan dilakukan diAula Serba Guna milik Pemkab Jember namun terkendala karena masih dalam proses renovasi.

“Kami sangat bersyukur sekali dan merasa sangat terbantu karena Universitas Jember dalam hal ini Bapak Mohammad Hasan bersedia menjadi tempat pelepasa para calon jamaah haji asal Jember, papar Bukhari.

Bukhari menambahkan, fasilitas gedung Soetardjo sangat luas sehingga mampu menampung ribuan jamaah yang hadir. Selain luas dan nyaman gedung Soetardjo berada pada posisi yang juga dekat dengan kantor Kantor Kementrian Agama di Jember sehingga memudahkan para jamaah yang hadir. “Kalo ada jamaah yang Tanya ya kami cukup bilang utaranya kantor Kemenag gitu saja mereka sudah tau,” pungkasnya.

Sementara Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama di Jember, Misbahul Munir, kembali mengingatkan agar jamaah haji mengumpulkan koper paling lambat Jumat (12/9/2014) besok. Koper  Calon Jamaah Haji kloter 32 dikumpulkan Pondok Pesantren Assuniyah Kencong, kloter 33 dan 34 dikumpulkan di rumah dinas Kemenag Jember, dan kloter 35 dikumpulkan di Pondok Pesantren Darul Hikmah – Kranjingan.

Acara kemudian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh empat orang Kyai secara bergantian. Ini dilakukan agar Calon Jamaah Haji diberi kesehatan, kekuatan, sehingga bisa menunaikan ibadah haji, kembali ke Indonesia dengan selamat, dan mendapatkan predikat haji yang mabrur. Imam Bukhari menegaskan, pelepasan jamaah haji dilakukan lebih awal, agar jadwal pemberangkatan tidak terganggu oleh prosesi pelepasan.

Ketua KBIH Al-Ghazali, Kyai Ahmad Nasihin, usai memimpin doa bersama meminta Calon Jamaah Haji agar tetap menjaga kesehatan, karena kesehatan menunjang kegiatan ibadah haji. Selain itu, meningkatkan tawakkal dengan mengikuti manasik haji sesuai tuntunan Rasulullah SAW. (Mj)

Leave us a Comment