Rektor Universitas Jember Serahkan 40 Ekor Kambing dan 4 Ekor Sapi Qurban

Jember, 28 September 2015

Idul Adha adalah salah satu momentum yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Karena sesungguhnya makna dari penyembelihan hewan Qurban adalah membunuh sifat-sifat kebinatangan pada diri masing-masing.

Demikian yang disampaikan oleh Moh. Hasan Rektor Universitas Jember saat menyerahkan empat ekor Sapi dan 40 ekor kambing kepada Takmir Masjid Al-Hikmah Universitas Jember, (25/9). “Jangan hanya menyembelih hewan Qurban, tetapi juga harus dimaknai dengan menyembelih sifat rakus, tamak, iri dengki, serakah dan sifat kehewanan lain yang ada di dalam diri kita,” ujar rektor.

Menurut rektor, penyembelihan hewan qurban baik sapi ataupun kambing tidak hanya merupakan bentuk ketaqwaan setiap muslim terhadap perintah agama. Namun menurutnya juga mengandung nilai-nilai sosial didalamnya.

“Kalau di Indonesia kan yang umum sapi dan kambing untuk Qurban, namun tidak semua warga bisa makan daging kedua hewan tersebut setiap waktu. Alhamdulillah dengan adanya Idul Qurban ini mereka bisa makan daging dengan gratis,” imbuh rektor.

Lebih jauh rektor menambahkan, dalam Idul Qurban kita harusnya juga belajar untuk melakukan suatu hal yang bisa membahagiakan orang lain. Seberapa besar yang telah kita korbankan untuk untuk agama dan untuk berbuat sesuatu yang bisa membahagiakan orang lain sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrohim A.S.

“Nabi Ibrohim telah mengajarkan kita tentang makna keimanan dan ketaqwaan, tidak hanya menyembelih ribuan kambing, onta dan sapi untuk dibagi-bagikan namun dia pun pernah di uji untuk menyembelih putranya (Nabi Ismail),”  lanjut rektor.

Penyerahan hewan qurban juga disaksikan oleh puluhan mahasiswa dan para pimpinan yang ada di lingkuang Universitas Jember. “Sapi dan kambing tersebut milik karyawan dan mahasiswa Universitas Jember yang dikumpulkan secara kolektif untuk disembelih bersama dan juga dibagikan bersama kepada mereka yang memang benar-benar berhak mendapatkannya” pungkas rektor.

Leave us a Comment