Rektor Universitas Jember : Pendidikan Adalah Engine of Growth

Jember, 2 Mei 2016.

Dunia pendidikan adalah engine of growth atau mesin pertumbuhan sebuah negara. Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan saat memberikan pidato dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 yang diikuit oleh segenap sivitas akademika Universitas Jember di lapangan upacara Kampus Tegalboto (2/5). “Pendidikan memiliki posisi penting dalam perkembangan sebuah negara karena menjadi engine of growth atau mesin pertumbuhan sebuah negara. Jadi, walaupun sebuah negara memiliki sumber daya alam yang melimpah, akan percuma jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang terdidik,” kata Rektor Universitas Jember.

Oleh karena itu Moh. Hasan mengingatkan seluruh sivitas akademika Universitas Jember, agar momen peringatan Hari Pendidikan Nasional tidak berhenti sebatas seremonial belaka. “Momen peringatan Hardiknas  menjadi ajang bagi kita untuk mengevaluasi diri apakah misi untuk mencetak generasi muda yang berkualitas sudah tercapai,” ujarnya. “Mari kita jadikan invention and innovasion sebagai pegangan bagi kita yang berkecimpung di bidang dunia pendidikan tinggi,” lanjutnya lagi. Dalam kesempatan ini pula, Rektor memberikan apresiasi bagi mahasiswa Universitas Jember yang menorehkan prestasi di tahun 2016.

Dalam kesempatan upacara Hardiknas ini, Rektor Universitas Jember menyematkan Satya Lencana Karya Satya, penghargaan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Jember yang telah mengabdi selama sepuuh, dua puluh dan tiga puluh tahun. Tahun ini ada 14 PNS tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang menerima Satya Lencana Karya Satya sepuluh tahun, 26 orang peraih Satya Lencana Karya Satya dua puluh tahun. Sementara untuk Satya Lencana Karya Satya tiga puluh tahun diperoleh oleh 20 orang. (iim)

Leave us a Comment