Rektor Universitas Jember Lantik 7.005 Mahasiswa Baru

Maba1_UNEJ

Jember, 14 Agustus 2017

Rektor Universitas Jember melantik 7.005 mahasiswa baru dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di stadion Kampus Tegalboto (14/8). Para mahasiswa baru tersebut adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR), Program Alih Jenis dari diploma ke jenjang sarjana, program Afirmasi Papua dan Daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), serta mahasiswa asing. Jumlah tersebut juga meliputi mahasiswa baru Program Pascasarjana.

Maba1_UNEJ

Dalam laporannya, Zulfikar, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni menjelaskan, pada tahun akademik 2017/2018 ini, Universitas Jember menerima 6.478 mahasiswa janjang sarjana, 527 mahasiswa diploma, dan sisanya adalah mahasiswa Pascasarjana. “Tahun ini Universitas Jember juga menerima 37 mahasiswa program Afirmasi Papua dan Daerah 3T, serta lima belas mahasiswa asing yang semuanya berasal dari Thailand,” jelas Zulfikar. Dirinya juga menambahkan, dari semua jalur masuk yang dibuka oleh Universitas Jember, mulai jenjang diploma hingga pascasarjana, kampus Tegalboto diminati oleh 80.437 peserta. “Jika dirata-rata, maka untuk masuk ke Universitas Jember, satu orang harus bersaing dengan sebelas kompetitornya,” imbuhnya.

Dalam sambutan pelantikannya, Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember meminta kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengunakan kesempatan menuntut ilmu di Kampus Tegalboto dengan sebaik-baiknya. “Jaga amanah menjadi mahasiswa dengan sebaik-baiknya, sebab status mahasiswa memiliki tanggung jawab yang tidak ringan, ada nilai kejujuran dan kemandirian di dalamnya,” pesan Moh. Hasan. Rektor juga mengharapkan agar segenap mahasiswa baru memanfaatkan kampus sebagai perekat kebangsaan, mengingat mahasiswa Unversitas Jember berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Selamat datang di Kampus Kebangsaan Universitas Jember, kampus bagi semua anak bangsa,” tegas Moh. Hasan.

Sementara itu ditemui di sela-sela upacara, Agung Purwanto, kepala Humas dan Protokol Universitas Jember menjelaskan, tahun ini Universitas Jember menerima kuota penerima beasiswa Bidikmisi sebanyak 1.070 mahasiswa dari Kemenristekdikti, namun pelamar yang diterima di kampus Tegalboto mencapai 1.175 orang. “Untuk itu akan ada verifikasi lanjutan guna menentukan siapa yang berhak menerima beasiswa Bidikmisi,” tuturnya.

Agung Purwanto juga menginformasikan bahwa Universitas Jember telah membuka Kampus II di Bondowoso dan Kampus III di Lumajang. “Ada 243 mahasiswa baru di lima program studi di Kampus II Bondowoso, sementara untuk kampus III Lumajang menerima 84 mahasiswa baru Diploma Keperawatan. Nantinya untuk dua kampus tersebut akan ada upacara penerimaan mahasiswa baru, dengan mengundang Bupati Bondowoso dan Lumajang sebagai pembicara utama,” kata Agung lagi. Selanjutnya seluruh mahasiswa baru bakal mengikuti kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) selama dua minggu. (iim)

Blog Attachment