Rektor Universitas Jember Lantik 6362 Mahasiswa Baru

Jember, 11 Agustus 2015

“Menjadi mahasiswa Universitas Jember harus menjadi mahasiswa yang memiliki karakter kebangsaan.” Pesan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD saat melantik 6362 mahasiswa baru Universitas Jember tahun akademik 2015/2016 dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di Stadion Universitas Jember, (10/8). Para mahasiswa baru Universitas Jember ini terdiri dari 5842 mahasiswa program S1 dan 520 mahasiswa program Diploma.

Oleh karena itu, Rektor mengharapkan agar para mahasiswa baru bersungguh-sungguh menimba ilmu di Kampus Tegalboto. “Kalian semua saat ini sudah menjadi mahasiswa Universitas Jember maka dari itu kalian juga harus bersungguh-sungguh dalam belajar dan pada akhirnya mampu menjawab persoalan kebangsaan,” ujar Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD.

Menurut Rektor, mahasiswa baru Universitas Jember sejatinya sudah memiliki modal untuk berkiprah dalam pembangunan bangsa. Buktinya, mereka yang menjadi mahasiswa baru Universitas Jember adalah siswa-siswi pilihan yang sudah melewati seleksi yang sangat ketat. “Tahun ini ada sebanyak 83.131 siswa yang mendaftar di Universitas Jember namun hanya 6362 orang yang berhasil lolos dan mereka diantaranya adalah kalian semua,” kata Drs.Moh. Hasan, Msc., PhD.

Untuk mencetak mahasiswa yang berkarakter yang baik pada tahun ini Universitas Jember telah merancang berbagai Program Pengenalan Kampus (PK2) yang bekerjasama dengan para pelatih dari Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI-AD Jember. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan 23 Agustus 2015.

Materi PK2 yang diberikan antara lain pengenalan perguruan tinggi negeri, pengembangan sifat kritis, ketrampilan berkomunikasi, pola pikir prestatif dan materi pembinaan karakter yang menitikberatkan pada materi kedisiplinan dan akhlak yang baik.

“Nanti ada satu malam dimana kalian semua para mahasiswa baru wajib menginap di Scaba untuk mendapatkan pendidikan kedisiplinan, namun kalian tidak perlu kawatir karena tidak akan ada tindakan kekerasan didalamnya” imbuh Rektor.

Sementara itu dalam laporannya, Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD menginformasikan pada tahun akademik 2015/2016 ini, Universitas Jember menerima 1495 mahasiswa dengan fasilitas beasiswa Bidik Misi. “Kami juga menerima mahasiswa asing serta mahasiswa dari Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam program beasiswa afirmasi,” kata Drs. Zulfikar, PhD. (Mj)

Leave us a Comment