Rektor Universitas Jember : Hari Raya, Semangat Pun Harus Baru

HalBi1_UNEJ

HalBi1_UNEJ

Jember, 5 Juli 2017

Hari pertama masuk kerja selepas libur Idul Fitri diisi oleh keluarga besar Universitas Jember dengan kegiatan Halal Bi Halal di gedung Soetardjo (3/7). Halal Bi Halal dihadiri oleh Rektor bersama jajaran Wakil Rektor serta pimpinan di fakultas dan unit kerja yang ada di kampus Tegalboto. Dalam sambutannya, Moch. Hasan mengajak segenap hadirin untuk mengambil semangat kebaharuan yang terkandung dalam Hari Raya Idul Fitri, untuk kemudian diterapkan dalam kerja nyata. “Di momen Hari raya, semangat pun juga harus baru, agar semua tugas dan target yang sudah disusun dapat kita selesaikan dengan baik,” ujar rektor.

Dalam kesempatan ini pula, Moch. Hasan berharap agar masa penempaan diri dalam bulan Ramadhan yang lalu, menjadikan segenap keluarga besar Universitas Jember mampu menjadi insan yang memiliki hubungan baik dengan Allah SWT, sekaligus hubungan baik dengan sesama manusia. Pria asal Malang ini juga mengapresiasi kehadiran para dosen dan karyawan Universitas Jember yang kebetulan non muslim, namun turut serta hadir dalam acara Halal Bi Halal yang sudah menjadi tradisi di Kampus Tegalboto. “Mari jadikan Kampus Tegalboto sebagai kampus yang memiliki semangat persaudaraan yang mengedepankan sikap toleran dan ber-Bhineka Tunggal Ika,” tambahnya.

Himbauan Rektor Universitas Jember mendapatkan penegasan dari KH. Mustain Billah, yang hari itu memberikan tausiyah. Menurut dai yang juga Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Jember ini, hendaknya semangat dan gairah beribadah selama Ramadhan dapat diteruskan di bulan-bulan selanjutnya. “Sholat tarawih dan sholat Idul Fitri itu sunnah, tapi yang melaksanakan sampai membludak. Namun sholat subuh yang wajib malah lebih sering sepi. Jika kita berhasil meneruskan dan mentransformasikan semangat beribadah di bulan Ramadhan ke bulan-bulan berikutnya, maka artinya puasa kita berhasil,” kata KH. Mustain Billah.

Sebelumnya, Rektor mengajak segenap keluarga besar Universitas Jember untuk berdoa bagi almarhum Prof. Dr. Uung Nasdia (FISIP), dan Bambang Supeno, ST., MT (Fakultas Teknik) yang wafat pada bulan Ramadhan lalu. Acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Universitas Jember makin meriah dengan penampilan Grup Qosidah Al Inabah Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember, dan grup Hadrah Nur Iman yang diawaki oleh karyawan Universitas Jember. rangkaian acara ditutup dengan saling bermaaf-maafan dan makan ketupat lontong bersama. (iim/mun).

Blog Attachment