Rektor Universitas Jember : Cegah Paham Radikalisme Di Kampus Tegalboto

Sertijab_UNEJ

Jember, 5 Juni 2017

Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember meminta seluruh jajaran pimpinan fakultas dan unit kerja di Kampus Tegalboto untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme. Perintah ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember pada saat melantik para pejabat baru di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad (2/5). Menurut Moch. Hasan, dari data yang ada, tidak jarang pelaku kekerasan yang berpaham radikal justru berasal atau lulusan kampus. “Saya meminta kepada seluruh pimpinan di lingkungan Universitas Jember, terutama pimpinan fakultas untuk terus aktif berperan serta dalam membimbing dan mengawasi anak didiknya,” tegas Moch. Hasan.

Dalam kesempatan serah terima jabatan kali ini, Rektor juga meminta secara khusus kepada Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M), beserta jajarannya untuk merumuskan kembali pendidikan Pancasila, pendidikan karakter serta mata kuliah umum bagi mahasiswa. “Mahasiswa saat ini adalah generasi milenial yang berbeda dengan generasi kita, oleh karena itu perlu dicari dan disiapkan pendidikan Pancasila serta pendidikan karakter yang interaktif dan kontekstual, agar mahasiswa terhindar dari paham radikal dan intoleran,” ujar Moch. Hasan. Turut hadir dalam acara pelantikan kali ini para Wakil Rektor, Dekan dan pejabat lainnya.

Moch. Hasan juga menjelaskan bahwa serah terima jabatan kali ini adalah kelanjutan dari konsekuensi berlakunya Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 16 tahun 2016 mengenai Organisasi dan Tata Kelola (OTK) Universitas Jember. “Sesuai dengan OTK kita yang baru maka terdapat pula lembaga baru seperti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, yang merupakan penggabungan Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. Sementara Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan melebur bersama Badan Penjaminan Mutu untuk menjadi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu,” jelas rektor.

Moch. Hasan berharap agar para pejabat baru segera bekerja sesuai tugas dan fungsinya, apalagi Universitas Jember tengah menyiapkan diri untuk menuju Badan Layanan Umum (BLU). Berikut pejabat baru yang dilantik oleh Rektor Universitas Jember ;

  1. Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI)                : Dr. Tri Chandra Setiowati
  2. Sekertaris SPI                                                              : Taufiqurrohma, SE., MSA., Ak.
  3. Wakil Direktur I Pascasarjana                                 : Dr. Sugeng Winarso
  4. Wakil Direktur II Pascasarjana                                : Dewi Prihatini, PhD.
  5. Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian              : Prof. Achmad Subagio, PhD.

Masyarakat (LP2M)

  1. Sekertaris I LP2M                                                        : Drs. Anwar, MSi.
  2. Sekertaris II LP2M                                                       : Dr. Susanto, MPd.
  3. Sekertaris III LP2M                                                      : Khairul Anam, PhD.
  4. Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran         : Dr. A. Taufik

Penjaminan Mutu (LP3M)

  1. Sekertaris I LP3M                                                        : Dr. Bambang Marhaenanto
  2. Sekertaris II LP3M                                                       : Dr. Sholeh Avivi
  3. Kepala TU LP2M                                                         : Yogi Kiswanto, SE., MM
  4. Kepala TU LP3M                                                         : Drs. Budi Djudharjanto

(iim)