Submit Rector Alumni to Maskur Ali Musa

Jember, 15 Maret 2014

Universitas Jember kembali menggelar upacara wisuda periode II tahun akademik 2013/2014.. Sebanyak 1494 orang mahasiswa akan diwisuda dan dipimpin langsung oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Ph.D. Hadir pula Dr. Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum selaku ketua umum Keluarga Alumni Universitas Jmeber (KAUJE) untuk menerima alumni dari rector dan melakukan orasi ilmiah.

Wisuda kali ini digelar selama dua hari di di Gedung Soetardjo tanggal 15 dan 16 Maret. Hal ini dikarenakan  jumlah lulusan lebih banyak dibanding lulusan tahun lalu. Hari Sabtu (15/3) diikuti 749 mahasiswa dan dua diantanranya merupakan mahasiswa asing yang berasal dari Negara Fietnam. Sementara wisudawan sebanyak 745 mahasiswa akan diwisuda pada hari minggu (16/3).

Dalam sambutannya, Rektor Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD mengingatkan para wisudawan bahwa tahun 2015 mendatang Indonesia akan memasuki pasar bebas ASEAN. Oleh karena itu para lulusan harus selalu mempersiapkan diri dalam mengahadapi persaingan. “Tahun 2015 mendatang kita akan menghadapi pasar bebas ASEAN oleh karena itulah siapkan diri kalian jangan hanya berprestasi didalam negeri saja tetapi juga diluar negeri,” ujar rektor.

Sementara itu Dr. Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum dalam orasi ilmiahnya juga mengajak para wisudawan untuk belajar memiliki jiwa wirausahawan. Menurutnya sejak menjadi mahasiswa sudah selayaknya mulai dibangun jiwa-jiwa enterpreneurship, sehingga mampu membaca peluang dan tantangan. “Sudah bukan jamannya lagi, ketika masuk bangku kuliah, semua berkeinginan atau bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil atau pegawai,” paparnya.

Selain itu Ali menambahkan dalam menghadapi ASEAN Economi Community mahasiswa dituntut kreatif dan inovatif. Mahasiswa harus melatih dirinya untuk membaca peluang, mengolah menjadi ide dan menuangkan dalam bentuk karya nyata, karya kreatif dan inovatif yang mempunyai value added atau nilai jual. “Negara kita adalah negara dengan beribu-ribu etnis dan kekayaan alam yang melimpah ruah, Semuanya dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya dan inovasinya,” imbuh Ali.

Lebih jauh Ali menjelaskan dalam menghadapai persaingan pasar bebas ASEAN, tidak kalah penting adalah mahasiswa harus aware terhadap pentingnya penguasaan teknologi informasi. Kita harus akui bahwa salah satu bukti kemajuan suatu bangsa adalah hadirnya dan dikuasainya teknologi informasi. “Jika kita menguasai teknologi informasi dengan baik maka kita akan lebih mudah dalam menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN 2015 mendatang,” pungkasnya.

Dr. Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum yang pada kesempatan itu juga mendapatkan penghargaan langsung dari rector sebagai alumni berprestasi tahun 2014. Selain memberikan orasi ilmiah Ali juga berkesempatan untuk melakukan peresmian dari pembukaan outlet souvenir Universitas Jember yang dikelola oleh Koperasi KAUJE Nusantara Mandiri. (Mj)

Leave us a Comment