Rektor Lepas Tim ON MIPA Universitas Jember

OnMIPA_UNEJ-630x330px

Jember, 21 Maret 2017

Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, melepas 28 mahasiswa anggota tim Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) untuk berlaga di seleksi tingkat wilayah VII Jawa Timur, di ruang sidang lantai II gedung rektorat (21/3). Para duta kampus Tegalboto ini bakal bersaing dengan perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Jawa Timur. Peserta yang lolos dalam seleksi selama dua hari (22-23/3) ini bakal menjadi perwakilan Wilayah VII Jawa Timur, untuk berlaga di tingkat nasional. Universitas Jember mempersiapkan masing-masing tujuh mahasiswa di tiap cabang yang dilombakan, yang meliputi Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika. Turut melepas keberangkatan Tim ON MIPA Universitas Jember adalah Zulfikar, Wakil Rektor I, dan Dul Halim, Kepala Biro I, dosen pembimbing, beserta staf Bagian Kemahasiswaan.

Dalam sambutannya, Rektor menyemangati para mahasiswa agar tidak gentar menghadapi para kompetitor. Pasalnya Universitas Jember adalah salah satu perguruan tinggi yang diperhitungkan dalan kancah ON MIPA. Pada pelaksanaan ON MIPA 2016 lalu, Universitas Jember meraih medali perunggu untuk cabang Biologi. “Anda semua adalah mahasiswa pilihan, karena sudah melewati seleksi bertahap dan ditempa dengan serius di kampus.  Ayo berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi tertinggi, tentu dengan tak lupa berdoa,” pesan Moh. Hasan. Ke dua puluh delapan mahasiswa anggota Tim On MIPA terdiri dari 15 orang mahasiswa FMIPA, dan sisanya dari FKIP. Mereka adalah hasil seleksi dari 49 mahasiswa yang pada tahap awal terjaring sebagai calon anggota Tim ON MIPA Universitas Jember.

Sementara itu ditemui sehari sebelum acara pelepasan, Zulfikar, Wakil Rektor I memaparkan jika para mahasiswa anggota Tim ON MIPA telah digembleng dengan penguasaan materi dan pembekalan mental. Penggemblengan dilaksanakan di kampus Tegalboto dengan bimbingan dari sembilan dosen dari empat cabang lomba, yang dipimpin bersama oleh Rusli Hidayat dan Sumarjono yang merupakan Pembantu Dekan III di FMIPA dan FKIP. Bahkan dalam tahapan pemantapan, para anggota Tim ON MIPA dikarantina secara khusus selama tiga hari di Perkebunan Rayap, Rembangan, Jember milik PTPN XII. “Pembekalan tidak hanya sebatas penguasaan materi saja, namun juga pembekalan secara mental agar mereka siap menghadapi kondisi apapun dalam lomba, dan tidak down saat menghadapi tekanan,” jelas Zulfikar.

Rasa optimis juga disampaikan oleh salah seorang anggota Tim ON MIPA Universitas Jember, Samsul Bahri yang akan turun di cabang Fisika. “Kami semua sudah siap berlaga, karena sudah mendapatkan pengayaan materi dan pembekalan kesiapan mental. Saya sendiri optimis bisa menembus seleksi tingkat wilayah. Kebetulan saya sendiri turun di cabang Fisika yang nanti akan menghadapi soal-soal di bidang mekanika klasik, mekanika kuantum, elektrodinamika, termodinamika dan fisika modern,” kata mahasiswa FKIP Pendidikan Fisika angkatan 2014 ini. Untuk diketahui, seleksi tingkat wilayah ON MIPA 2017 diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 22 dan 23 Maret 2017. Khusus untuk seleksi wilayah VII Jawa Timur dipusatkan di Universitas Surabaya. (iim)

Leave us a Comment