Ratusan Siswa SMA Padati Biology Open House 2016

Jember, 24 Oktober 2016

Ratusan siswa dari berbagai SMA/sederajat di Jawa Timur memadati kampus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember, hari Sabtu-Minggu (22-23/10). Para siswa ini tengah asyik mengikuti rangkaian kegiatan bertajuk “Biology Open House 2016” yang terdiri dari Biological Science Day yang berupa Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Olimpiade Biologi, serta kegiatan lomba kreativitas pemanfaatan sampah. Selain beradu kebolehan di bidang Biologi, para peserta juga berkesempatan untuk melihat dan mengenal dari dekat Jurusan Biologi FMIPA, termasuk fasilitas laboratorium yang ada.

Menurut ketua jurusan Biologi FMIPA, Kartika Senjarini, kegiatan Biology Open House bertujuan untuk menguji kemampuan akademik siswa dalam bidang Biologi, serta mendorong kreativitas siswa khususnya dalam menghasilkan  produk-produk kerajinan yang ramah lingkungan berbahan baku limbah. “Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan, tahun ini adalah pelaksanaan Biology Open House yang ketujuh. Selain menumbuh kembangkan kecintaan terhadap studi Biologi, acara seperti ini juga menjadi sarana menarik calon mahasiswa,” jelas Kartika Senjarini. Keberadaan Biology Open House untuk menarik calon mahasiswa ternyata sudah terbukti, tahun ini pemenang LKTI dan Olimpiade Biologi dari MA Nurul Jadid Probolinggo masuk menjadi mahasiswa jurusan Biologi angkatan tahun 2016.

Dari data panitia kegiatan, untuk kegiatan LKTI diikuti oleh 35 peserta, sementara 50 siswa dari 20 sekolah berpartisipasi dalam Olimpiade Biologi. “Dari catatan kami ada 200 lebih siswa yang mengikuti Biology Open House 2016 dari berbagai sekolah yang ada di Jawa Timur, seperti dari Surabaya, Kediri, Madura serta tentu dari daerah Jember dan sekitarnya,” kata Robby Setiawan Nugraha, ketua panitia kegiatan yang juga sibuk melayani pertanyaan para siswa yang tengah mencoba berbagai fasilitas di laboratorium di Jurusan Biologi.

Keseruan mengikuti Biology Open House 2016 disampaikan oleh salah satu peserta, Haikal Idris dari MAN 2 Probolinggo. Siswa berkacamata ini kebetulan menjadi peserta dalam Olimpiade Biologi. “Kegiatan seperti ini berguna bagi kami, sebab dapat melihat dari dekat apa yang sebenarnya dipelajari di Jurusan Biologi, lengkap dengan informasi mengenai lapangan kerja yang dapat kami masuki selepas lulus nanti,” tutur siswa yang berminat untuk kuliah di kampus Tegalboto ini. Haikal sendiri rencananya akan memperdalam bidang zoologi jika nantinya diterima di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Jember.

Khusus untuk kegiatan LKTI dan olimpiade, menjadi juara bukanlah menjadi tujuan utama seperti yang diutarakan oleh salah seorang anggota dewan juri, Hari Sulistyoningsih. “Kami lebih mengutamakan orisinalitas ide, dan kreativitas dari para peserta dibandingkan sekedar kemenangan. Oleh karena itu, karya peserta yang belum menang pun, namun berangkat dari ide orisinal tetap kami bimbing agar berproses lebih baik,” ujarnya. Langkah seperti ini ternyata mampu mendekatkan hubungan antara Jurusan Biologi FMIPA dengan pihak sekolah. “Beberapa sekolah di wilayah Jember dan wilayah sekitarnya seperti Situbondo rutin mengirimkan siswa dan gurunya guna berkonsultasi mengenai berbagai hal terkait Biologi dengan kami,” tambah Hari Sulistyoningsih lagi. (iim)

Daftar Juara Lomba LKTI dalam Rangka Biologi Open House 2016

Peringkat Nama Peserta Asal Sekolah Judul LKTI
Juara 1

M. Naufal Wijaya Kusuma

Kevin Hakim

Widianto H. Darmawan

SMAN 1 Papar Kediri Pemanfaatan Tanaman Biduri (Calotropis gigantean W.) Sebagai Alternatif Penghijauan Lahan Tandus dan Penghasil Serat Nabati Untuk Pengisi Bantal dan Jok Motor.
Juara 2

Karunia Robbi

Astris Vira

SMAN 2 Situbondo Diversifikasi Susu ‘Ketawa’ (Susu Kacang Tanah dan Asam Jawa) Sebagai Upaya Penguatan Ketahanan Pangan
Juara 3

Fitri Ayu Rohma

Vega U. Hasanah

M. Fajar Faliasthiunus P.

SMAN 5 Pamekasan Olahan Es Krim Tahu Kaya Vitamin Sebagai Tambahan Asupan Gizi Anak Yang Murah
Juara Harapan 1

Achmad Zainollah

Iklimatul Karomah

Ocka V. Wijaya

SMAN 5 Pamekasan Pemanfaatan Daun Beluntas dan Kemangi Sebagai Makanan Herbal Berupa Nugget
Juara Harapan 2

Aprilia Winda

Husnul Khotimah

Kamilah

MAN 3 Jember Pemanfaatan Energi Berdaya Guna Berbasis Kelestarian Alam Dalam Bentuk Alergi-DB (Alternatif Energy Diaperse Briquettes) Sebagai Upaya Menanggulangi Limbah Popok

DAFTAR JUARA OLIMPIADE BIOLOGICAL SCIENCE DAY VII

JUARA NO. PESERTA NAMA PESERTA ASAL SEKOLAH Nilai
1 074-91016-015 Fajarizki Galuh S.Y SMAN 2 Lumajang 1.350
2 071-91016-015 Berliani Dian Nabila SMA Nuris Jember 550
3 074-91016-016 Fanni Fauziah SMAN 2 Lumajang 530
Harapan 1 071-91016-078 Welly Susanto SMAK Santo Paulus 370
Harapan 2 074-91016-002 Ahmad Fadli Alghifari MA Nurul Jadid 290

Leave us a Comment