Ratusan Pelamar Membludak Penuhi Pelataran Kantor LP3 Universitas Jember

LP3_UNEJ-630x330px

Jember, 31 Maret 2017

LP3-3

Antrian para job seeker membludak memenuhi pelataran kantor Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pendidikan (LP3) Universitas Jember yang ada di kompleks Campus Center (31/3). Sebanyak kurang lebih 600 orang sudah terlihat mengantri sejak pukul delapan pagi. Mereka adalah para pelamar yang akan melaksanakan psikotes dan wawancara untuk memenuhi beberapa posisi yang dibuka oleh PT. Kawan Lama Retail Group. Menurut Prof. Dr. Tejasari, Ketua LP3, antrian seperti ini sudah terjadi semenjak jadwal tes dilakukan hari Rabu lalu (29/3). Untuk diketahui LP3 Universitas Jember mendapatkan kepercayaan dari PT. Kawan Lama Retail Group guna melaksanakan psikotes dan wawancara.

Menurut Tejasari, pihaknya telah melakukan antisipasi mengingat jumlah pelamar ternyata sangat banyak, bahkan direncanakan akan diperpanjang hingga tanggal 8 April nanti. “Pelaksanaan tes pada hari kedua dan ketiga ini lebih baik karena kami sudah melakukan langkah antisipasi, semisal pengaturan antrian dan menyediakan ruang tambahan,” ujar dosen yang juga guru besar di Fakultas Teknologi Pertanian ini.

Tejasari menambahkan, bahwa lembaga yang dipimpinnya memiliki tiga program untuk membantu para lulusan dalam memasuki dunia kerja, dua diantaranya sudah menjadi agenda rutin yaitu pelaksanaan job fair tiga kali dalam setahun, dan pelatihan standarisasi untuk para lulusan kampus Tegalboto. Serta satu lagi program yang disiapkan, yaitu pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi. “Khusus Lembaga Sertifikasi Profesi ini dilaksanakan di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Nantinya para lulusan Universitas Jember yang telah mengikuti uji kompetensi kerja sesuai program studinya bakal mendapatkan sertifikat yang dapat menunjang curriculum vitae  pada saat melamar kerja,” imbuhnya.

Untuk teknis pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi enam gelombang per harinya, dimana pada tahap pertama para peserta akan mengikuti psikotes. Peserta yang lolos psikotes lantas akan menghadapi sesi wawancara. Tejasari juga menambhakan, bahwa rekrutmen seperti ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dilaksanakan oleh LP3 Universitas Jember dalam mempersiapkan lulusan Universitas Jember memasuki dunia kerja.

Sementara itu, Cintya, HRD PT. Kawan Lama Retail Grup, menyampaikan bahwa posisi yang disediakan adalah customer service and handling untuk dua toko yang akan dibuka di Jember dalam waktu dekat. Rencananya kami akan merekrut sebanyak 100 orang untuk masing-masing toko, sehingga total yang akan direkrut adalah 200 orang. Untuk pengumuman tes wawancara akan kami umumkan sekitar satu atau dua minggu ke depan,” katanya. Ibana Rosida, salah satu pelamar yang juga lulusan Universitas Jember, menceritakan bahwa dirinya rela mengantri dari pagi untuk dapat mengikuti rekrutmen kali ini. Menurutnya persaingan dalam mencari kerja semakin ketat,  oleh karena itu setiap peluang harus dimanfaatkan. (lid/del)

Leave us a Comment