Ramadhan, Saatnya “Chatting” Dengan Allah SWT

TablighAkbar

Jember, 26 Mei 2017

Ramadhan adalah saatnya “chatting” dengan Allah SWT. Pesan bernada guyon namun serius ini dilontarkan oleh Habib Nizar bin Husni Alwi Alaydrus, pimpinan Majelis Dzikir At Taubah, saat memberikan tausiyah di hadapan mahasiswa Universitas Jember di masjid Al Hikmah (25/5). Habib Nizar mengharapkan agar momen Ramadhan yang sungguh istimewa ini digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan bukannya digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat, termasuk menghabiskan waktu dengan media sosial.

Habib Nizar lantas menjelaskan keutamaan bulan Ramadhan. “Allah SWT memerintahkan kita agar berpuasa dengan sapaan wahai orang-orang beriman, panggilan yang sungguh menunjukkan kecintaan Allah kepada kita semua. Dan menurut para ulama, setiap perintah yang didahului dengan awalan mesra menunjukkan besarnya keutamaan perintah itu,” jelasnya. Perlu dipahami adanya perintah puasa menjadi wasilah bagi ummat Islam untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Jika hal ini dipahami, maka tidak ada lagi alasan puasa itu berat.

Ulama muda asal kecamatan Tanggul ini tidak lupa mengingatkan para mahasiswa sebagai para pencari ilmu agar selalu ingat bahwa esensi mencari ilmu adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Harus selalu diingat bahwa orang yang makin berilmu ditandai dengan makin takut kepada Allah SWT, makin bagus ibadahnya, makin baik ahlaknya, makin bermanfaat pada sesamanya. Orang berilmu itu makin berisi makin merunduk,” pesan Habib Nizar di hadapan mahasiswa kampus Tegalboto yang memadati masjid Al Hikmah. Habib Nizar berharap agar mahasiswa Universitas Jember mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh bagi kemaslahatan ummat.

Sementara itu dalam sambutannya, Dul Halim, Kepala Biro I Universitas Jember yang mewakili pimpinan, mengharapkan agar kegiatan tabligh akbar yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Jember dapat menjadi bekal bagi keluarga besar Kampus Tegalboto, khususnya para mahasiswa dalam menjalani puasa Ramadhan. Acara tabligh akbar makin meriah dengan penampilan nasyid mahasiswa dan hadrah Nur Iman yang beranggotakan para karyawan Universitas Jember. (iim).