PSTF Universitas Jember Lengkapi Diri Dengan Peralatan Senilai 25 Milyar Rupiah

Jember, 6 Januari 2016

            Program Studi Televisi dan Film (PSTF), Fakultas Sastra Universitas Jember terus berbenah. Kali ini pembenahan dilakukan pada penyediaan sarana dan prasarana, tepatnya melengkapi studio beserta peralatan praktek. Program studi yang berdiri pada 9 Juli 2010 ini kini memiliki studio terpadu lengkap dengan peralatannya senilai milyaran rupiah. “Pada tahun 2015-2016 ini, PSTF Fakultas Sastra membangun studio lengkap dengan peralatannya senilai kurang lebih 25 milyar rupiah,” kata Dr. Hairus Salikin, M.Ed, Dekan Fakultas Sastra Universitas Jember.

             Menurut Dr. Hairus Salikin, M.Ed, pihaknya serius melengkapi prasarana dan sarana yang dibutuhkan oleh PSTF. Keseriusan ini ditunjukkan dengan pembangunan studio besar yang dilengkapi master control room sesuai standar sebuah studio televisi. Studio besar ini didukung studio khusus produksi acara berita, atau yang lebih dikenal sebagai green room. Kedua studio tersebut dilengkapi kamera Electronic Field Production (EFP) dan kamera teleprompter untuk produksi berita yang disokong dengan peralatan tata cahaya serta tata suara. “Kami ingin agar lulusan PSTF Fakultas Sastra Universitas Jember tidak hanya sekedar jadi tukang, tapi harus jadi ahli di bidang pertelevisian dan film. Maka perlu peralatan yang mendukung,” jelas Dekan Fakultas Sastra di sela-sela meninjau para teknisi yang tengah mempersiapkan studio beserta peralatan pendukungnya (5/1).

             Tidak hanya melengkapi diri dengan studio besar, PSTF Universitas Jember kini memiliki  studio editing yang dilengkapi 40 komputer khusus editing dan satu komputer Da Vinci System LLC. “Komputer Da Vinci System LLC ini adalah komputer yang khusus dirancang untuk pasca produksi acara televisi dan film, khususnya  untuk menangani proses finishing warna pada sebuah program televisi atau film,” papar Fajar Adjie, SSn., M.Sn salah seorang staf pengajar di PSTF Fakultas Sastra Universitas Jember.

                 Mahasiswa PSTF Fakultas Sastra Universitas Jember kini juga makin leluasa berkreasi, baik di bidang pembuatan film maupun program televisi, pasalnya laboratorium film milik PSTF sudah dilengkapi dengan kamera khusus untuk produksi film, seperti kamera Canon C-500 yang memiliki kedalaman gambar dan saturasi warna lebih baik dibandingkan kamera lainnya. Keberadaan laboratorium film ini didukung adanya laboratorium pendukung seperti laboratorium tata rias, laboratorium audio dan laboratorium fotografi.

Keseluruhan peralatan tadi masih ditambah dengan satu mobil Outdoor Broadcasting atau yang lebih dikenal dengan sebutan mobil OB Van. Masih menurut Fajar Adjie, S.Sn., M.Sn., dalam sebuah mobil OB Van sudah tersedia sarana siar lengkap layaknya studio in-house sebuah stasiun TV. Dalam sebuah mobil OB Van tersedia mixer  video, mixer audio, monitor dan peralatan editing sehingga produksi sebuah acara bisa dilakukan di luar ruangan. “Dengan adanya tambahan sarana dan prasarana tersebut, kami yakin PSTF Fakultas Sastra Universitas Jember bisa bersaing,” ungkap Fajar Adjie, S.Sn., M.Sn.  (iim)

Leave us a Comment