PSM SOCIALITICE FISIP Raih Gelar Tertinggi di Ajang LPSAF 2017

LPSAF_2016_UNEJ-630x330px

Jember, 18 Maret 2017

Setelah sekian lama berusaha, PSM SOCIALITICE FISIP berhasil meraih supremasi tertinggi dalam ajang Lomba Paduan Suara Antarfakultas mahasiswa angkatan 2016 dengan menjadi Juara pertama.   Lomba yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) Universitas Jember ini dilaksanakan pada tanggal 18 maret 2017 di gedung Soetardjo.

Menurut Ketua PSM SOCIALITICE FISIP, Rizaldi, kunci sukses timnya adalah  mengutamakan rasa kekeluargaan terlebih dahulu daripada apapun. “Kami menganggap bahwa ketika adik – adik sudah merasakan kenyamanan di dalam PSM, maka mereka akan bernyanyi dengan ikhlas sehingga akan menghasilkan suara yang maksimal” jelasnya. Ia menambahkan “Saya juga  terkejut, dengan waktu yang relatif singkat, adik adik mampu memberikan yang terbaik dari mereka. Mereka baru memulai latihan di bulan Februari minggu pertama, jelas kami merasa tertinggal dengan persiapan yang dilakukan tim lain” Rizaldi juga mengatakan tantangan terberat di Timnya adalah bagaimana menyatukan semua penyanyi untuk punya rasa memiliki PSM SOCIALITICE FISIP.

Sementara itu Wakil Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, Ph.D dalam pidato pembukaan menyambut baik kegiatan ini sebagai ajang untuk mensosialisasikan lagu Hymne dan Mars Universitas Jember di kalangan mahasiswa.  Drs. Zulfikar, Ph.D juga mengatakan tema yang diusung adalah The beautifull culture or Indonesia, sehingga mahasiswa diminta untuk menyanyikan berbagai lagu daerah Indonesia. Hal ini menjadi penting untuk menjaga NKRI dan meningkatkan kecintaan terhadap tanah air. Memahami lagu-lagu dari daerah di Indonesia merupakan apresiasi dari apa yang dilakukan masyarakat dari daerah seluruh Indonesia.

Senada dengan Wakil Rektor I, Cintya Maya Ovitasari selaku Ketua Panitia mengatakan salah satu tujuan lomba adalah untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia melalui lagu-lagu daerah yang dibawakan. Dalam kesempatan yang sama Cintya mengatakan ada 70 judul lagu yang tidak diperkenankan dinyanyikan, karena beberapa kali lagu tersebut sudah pernah dinyanyikan di ajang yang sama. “Panitia berharap peserta menggali lebih dalam ribuan lagu rakyat yang ada di Indonesia” Jelasnya.

Cintya juga menjelaskan dalam Ajang LPSAF 2017 ini diikuti oleh 13 Fakultas dan 2 Prodi setara Fakultas di lingkungan Universitas Jember. Hal ini sangat membanggakan karena kehidupan berpaduansuara di Universitas Jember semakin hidup dengan kemampuan yang merata. Juri yang bertugas dalam lomba ini adalah A. Lilik Slamet, Darmono Endri Susilo dan Panakajaya Hidayatullah.

Hasil Lengkap Kejuaraan :

Juara I                   : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Juara II                  : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Juara III                : Fakultas Hukum

Harapan I             : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Harapan II           : Fakultas Teknologi Pertanian

Harapan III          : Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Leave us a Comment