PSIK Universitas Jember Terus Berbenah Diri

Jember, 1 Oktober 2014.

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember terus berbenah diri dalam peningkatan kualitas akademik maupun nonakademik. Hal itu dilakukan dengan diajukannya reakriditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPTKES). Lebih dari itu PSIK juga terus berupaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan akademik seperti halnya workshop maupun seminar seputar Ners.

Baru-baru ini PSIK baru saja menggelar workshop yang berkaitan dengan Kurikulum Ners, (19/09). Acara  yang dikemas dalam tema “Peningkatan Mutu Pembelajaran KBK Pendidikan Ners” ini berlangsung selama dua hari dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) 2014.

“Pada BOPTN tahun 2014 ini Alhamdulillah, PSIK berhasil mengajukan 6 (enam) kegiatan yang semuanya dapat disupport oleh dana BOPTN dan ini adalah satunya adalah,” ujar Ketua PSIK Universitas Jember Ns.Lantin Setiyorini.S.Kep. M.Kes saat membuka acara workshop di Kalibaru Cottage Banyuwangi.

Menurutnya, kegitan tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk menyusun kurikulum pendidikan Ners yang berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Lantin menjelaskan, ada beberapa hal yang diharapkan dari penyusuan kurikulum tersebut. “Salah satunya tersusunnya konsep capaian pembelajaran pada setiap kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa,” jelas Lantin.

Selain itu lanjut Lantin, juga dalam rangka menyusun bahan ajar atau bahan kajian yang dapat digunakan sebagai dasar dalam merumuskan nama mata kuliah, serta merancang pembelajaran/RPP yang ada pada setiap mata kuliah.

Kegiatan diikuti oleh semua tenaga pendidik yang ada di PSIK Universitas Jember ini. Dalam acara tersebut panitia menghadirkan para pakar pendidikan dan kurikulum dari lingkungan Universitas Jember sebagai narasumber dan pendamping dalam penyusunan kurikulum pendidikan ners di PSIK Unej. Prof. Dr. Ir. Tejasari, M. Sc, ketua LP3 Universitas Jember, dihadirkan untuk menyampaikan materi Kebijakan Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis KKNI dan SNPT.

Dr. Siswoyo Soekarno, STP, M. Eng, Pembantu Dekan I Fakultas teknologi Pertanian Universitas Jember, menyampaikan materi tentang Penyusunan Kurikulum Program Studi Berbasis KKNI

dr. Cholis Abrori, M.Kes, M. Pd. Ked, Dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dihadirkan untuk menyampaikan materi mengenai Penyusunan LO dan Bahan Kajian pada Prodi Keperawatan. Serta Prof. Dafik, M.Sc, Ph.D, Sekertaris LP3, menyampaikan materi tentang; Penyusunan Rancangan Pembelajaran.

Semua kegiatan workshop ini juga dalam rangka menyesuaikan dengan standar pendidikan yang ada di Universitas Jember, bahwa pada tahun 2015 semua prodi di Universitas Jember sudah menerapkan kurikulum berbasis KKNI. (Murtaqib, Satar/Mj)

Leave us a Comment