PSIK Universitas Jember Hadirkan Pakar Perawatan Lansia National Cheng Kung University Taiwan

Jember, 1 September 2016

               Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember menggelar kuliah tamu. Kali ini yang hadir adalah Prof. Jing Jy Wang, pakar perawatan Lanjut usia (Lansia) dari Departement of Nursing, National Cheng Kung University (NCKU), Taiwan (29/8).  Kuliah tamu yang mengambil tema Gerotransendence ; The Conteplative of Aging, dilaksanakan di aula lantai 3 Gedung Soerachman dengan dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa PSIK Universitas Jember.

            Dalam kuliahnya, Prof. Jing Jy Wang menjelaskan jika lansia merupakan periode di mana seorang individu secara mental telah mencapai kemasakan dalam proses kehidupan. Sementara secara fisik telah menunjukan kemunduran fungsi organ tubuh sejalan dengan waktu. Tahapan ini dapat dimulai dari usia 55 tahun sampai meninggal. “Penuaan terbagi atas penuaan primer (primary aging) dan penuaan sekunder (secondary aging). Pada penuaan primer tubuh mulai melemah dan mengalami penurunan alamiah. Sedangkan pada proses penuaan sekunder, terjadi proses penuaan karena faktor-faktor ekstern, seperti lingkungan ataupun perilaku,” jelas Prof. Jing Jy Wang, yang juga Director of Departement of Nursing, NCKU.

            Oleh karena itu, menurut peraih gelar doktor dari University of Minnesota ini, perawatan terhadap kaum Lansia perlu memperhatikan aspek mental dan fisik. “Jika seseorang memiliki motivasi hidup yang tinggi, maka periode kemunduran akan lama terjadi. Oleh karena itu kaum Lansia perlu penyesuaian terhadap lingkungan mengingat peran dan fungsinya sudah berubah,” tutur Prof. Jing Jy Wang.

               Prof. Jing Jy Wang lantas berbagi informasi seputar perkembangan penuaan pada masa Lansia, cara yang tepat yang bisa digunakan dalam menghadapi problem dengan Lansia, permasalahan-permasalahn yang mungkin dihadapi oleh Lansia beserta solusi yang dapat diterapkan oleh orang yang hidup bersama Lansia. “Dengan makin baiknya kualitas hidup dan diimbangi dengan kemajuan di bidang kesehatan, maka ukuran usia Lansia berubah. Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan 65 tahun sebagai usia yang menunjukkan proses penuaan yang berlangsung secara nyata dan seseorang telah disebut lanjut usia,” katanya lagi.

            Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ns.Lantin Sulistyorini, S.Kep.M.Kes, Ketua PSIK Universitas Jember, menjelaskan bahwa kegiatan kuliah tamu ini sebagai bagian dari implementasi kerjasama yang telah ditandatangani antara PSIK Universitas Jember dengan NCKU Taiwan. “Kerjasama antara PSIK Universitas Jember dengan School of Nursing NCKU akan dilanjutkan dengan kerjasama di bidang akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” urai Lantin. (satar)

Leave us a Comment