PSIK UNIVERSITAS JEMBER GELAR PELATIHAN BTCLS AGD 118

Jember, 25 Nopember 2015

Program Studi Ilmu Keperawatan Universits Jember, 5 hari kedepan (25-29 Nopember 2015) mengadakan pelatihan BT&CLS dengan mendatangkan trainer dari AGD 118 Jakarta, dan pelatihan ini nantinya sangat berguna bagi tenaga pendidik dan Teknisi Laboratorium yang lebih unggul lagi latihan ini  bersertifikat BTCLS AGD 118,

Pelatihan di buka langsung oleh Ns. Lantin SulistyoriniS.Kep. M.Kes Ketua PSIK Universitas Jember saya sangat bangga dengan tim PSIK atas dedikasi yang tinggi karena baru minggu kemarin kita menggelar Seminar Internasional sekarang ada kegiatan BTCLS, Alhamdulillah ini merupakan bukti bahwa mutu PSIK Universitas Jember dalam  peningkatan pembelajaran tidak di ragukan lagi ujar Lantin.

Sedangkan ketua Koordinator BTCLS 118 Jakarta Ns. Rusmono mejelaskan Apa sih pelatihan BT&CLS ini???  BT&CLS stand for Basic Trauma & Cardiac Life Support , jadi tentu saja semua perawat sudah bisa menebak pelatihan ini tentang apa kan? ya betul sekali ini adalah pelatihan untuk menangani pasien-pasien GAWAT DARURAT dengan riwayat TRAUMA atau CARDIAC ARREST, pelatihan yang diadakan oleh YAYASAN AMBULANS GAWAT DARURAT 118 JAKARTA

Pelatihan BT (basic trauma) dan CLS (cardiac life support) merupakan pelatihan yang menyediakan suatu metode yang dapat dipercaya dalam penanganan kasus trauma dan pengetahuan dasar kepada perawat dengan cara:

  1.  Menilai kondisi pasien dengan cepat dan teliti.
  2.  Resusitasi dan stabilisasi pasien menurut prioritas.
  3.  Menentukan tindakan jika kebutuhan pasien melebihi suatu kemampuan fasilitas.
  4.  Transfer pasien sesuai dengan kebutuhan.
  5.  Pastikan penanganan yang diberikan optimal.

Tujuan pelatihan BT dan CLS diharapkan perawat  dapat Mempraktekkan sesuai dengan prinsip penanganan dan penilaian penderita (primary dan secondary survey).

Menentukan managemen penanganan kasus trauma berdasarkan prioritas. Memulai dengan managemen primary dan secondary survey yang mengacu kepada golden hour dalam penanganan kasus gawat darurat. Dapat mempraktekkan pengkajian fisik pada pasien multiple trauma sesuai dengan konsep yang diajarkan.

Konsep BT dan CLS yang melatarbelakangi pelatihan BT dan CLS adalah masih sederhana. Pendekatan terhadap penderita cedera masih seperti yang diajarkan pada ilmu keperawatan di bangku kuliah, yaitu anamnesa yang panjang termasuk riwayat penyakit terdahulu, pemeriksaan fisik dari ujung kepala sampai kaki sampai disusunnya  diagnosa.

Leave us a Comment