PSIK Sukses Gelar Try Out Uji Kopetensi Ners Indonesia

Jember, 6 Mei 2015

Depercaya sebagai koordinator (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) AIPNI wilayah Besuki Raya (Jember, Lumajang, Probolinggo, situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi) tidak membuat PSIK Universitas Jember berbangga diri. Justeru hal itu membuat PSIK berbenah diri untuk menyambut pelaksanaan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) yang akan digelar juli mendatang dengan menggelar try out UKNI (3/5).

“Try out ini nantinya sebagai tolak ukur untuk menilai institusi pendidikan ners Indonesia, juga sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi belajar yang lebih baik,” demikian yang disampaikan Ketua PSIK Universitas Jember  Ns.Lantin Setiyorini.S.Kep.M.Kes.

Menurut lantin try out ini menjadi bagian penting dalam menghadapi UKNI yang sesungguhnya. “Skala yang kami gunakan adalah skala nasional sehingga harapannya para peserta memiliki persiapan bank soal uji kompetensi yang handal untuk tahun-tahun kedepan,” imbuh Lantin.

Lebih jauh lantin menjelaskan, melalui try out tersebut PSIK dapat mengetahui kemampuan lulusan Ners. “Natinya kan keluar berapa skornya, nah dari skor itu kita bisa tau apa yang harus ditingkatkan untuk mempersiapkan menghadapi ujian kompetensi Ners yang berskala nasional,” imbuhnya lagi. Selain itu menurutnya adanya try out UKNI ini dapat dapat menurunkan kecemasan mahasiswa saat menghadapi uji kompetensi yang sesungguhnya.

Sementara itu pengawas pusat try out Ns. Dodi Wijaya manyampaikan, acara yang digelar di Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang telah meiliki fasilitas dari Project HPEQ (Health Profesional Education Quality). “Ada 154 peserta yang ikut try out 75 orang merupakan alumni dari PSIK Unej sedangkan sisanya lulusan dari beberapa perguruan tinggi swasta,” ujar Dodi.

Dodi berharap pada UKNI tahun ini peserta yang berasal dari PSIK Universitas Jember bisa lulus 100%. “Semoga prestasi tahun lalu bisa kami pertahankan karena tahun lalu peserta dari PSIK Unej lulus semua,” pungkas Dodi. (Mj)

Leave us a Comment