PSIK Gelar Uji Kompetensi Ners

Jember, 6 April 2016

Program Study Ilmu Keperawatan Universitas Jember bekerja sama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi gelar Uji Kompetensi Ners. Kegiatan itu diikuti sebanyak 400 peserta yang berasal dari 7 institusi keperawatan yang berada diwilayah Jawa Timur bagian timur.

“Pesertanya dari PSIK Unej sendiri, FIKES Unmuh Jember, FIKES Universitas Bakti Indonesia, STIKES Surya Mitra Husada Kediri, STIKES Banyuwangi, STIKES Nahdlatul Ulama Tuban dan STIKES Nurul Jadid Paiton Probolinggo,” ujar ketua PSIK Universitas Jember. Ns. Lantin Sulistyirini.S.Kep.M.Kes.

Menurut Lantin, sejak keluarnya Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan maka diperlukan suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan yang sesuai dengan standar profesi.

“Berdasarkan aturan tersebut kemudian direktorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjadikan uji kompetensi perawat sebagai syarat kelulusan bagi mereka yang ingin menyandang gelar ners,” imbuh Lantin.

Uji kompetensi yang digelar di laboratorium komputer Fakultas Kedokteran Gigi pada tanggal 2-3 April lalu ini, dilakukan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Sertifikat itu kemudian bisa dijadikan sebagai syarat mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI),” pungkas Lantin. (Satar/moon)

Leave us a Comment