PSIK Gelar Seminar Kesehatan Nasional Kesehatan Bayi

Jember, 20 September 2015

Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember melaui BEM telah mengadakan Seminar Kesehatan Nasional “Holistic Nursing Practice melalui Alternativ Care : Baby Gym, Baby Spa dalam pelayanan Neomaternal Nursing bertempat di Hotel Aston Jl. Sentot Prawirodirjo 88 Jember dengan narasumber Widiyawati.S.Kep.M.Kes dari Universitas Gajah Mada  dan Dr. Fitri Haryanti, S.Kp.M.Kes juga dari UGM.

Acara di buka langsung oleh rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan. M.Sc.Ph.D berliau mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar PSIK karena meskipun masih berstatus Program Studi tapi sudah mampu melaksanakan kegiatan seminar Nasional bahkan Internasional selain itu beliau juga menjelaskan PSIK sudah layak menjadi Fakultas dan Insyaallah sebentar lagi,  karena Tim Task Force sudah bekerja dengan baik ujar beliau

Sedangkan pemateri  pertama dari Universitas Gajah Mada  Dr. Fitri Haryanti, S.Kp.M.Kes  beliau berdua memaparkan Spa singkatan yang tidak asing bagi kalangan kaum wanita. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani Solus Per Aqua yang artinya melakukan perawatan tubuh dengan air sebagai medianya. Saat ini telah banyak menjamur tempat-tempat spa bayi di kota-kota besar. Tentunya, karena manfaat dari spa bayi ini sangat bisa dirasakan oleh para orangtua.

Sebenarnya sejak jaman nenek moyang rangkaian spa bayi ini sudah dilakukan oleh mereka, hanya saja dengan cara tradisional berupa mandi dengan air hangat dilanjutkan dengan pijat urut oleh dukun bayi. Bedanya si kecil tidak berenang di kolam air hanya di masukkan ke dalam bak mandi saja. (St/Mj)

Leave us a Comment