PSIK Gelar Seminar HIV/AIDS

Minggu, 20 November 2014

Seminar HIV/AIDS yang diadakan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (UNEJ), di News Sari Utama Jember, Minggu (26/10) memperoleh apresiasi dari seluruh peserta seminar, seminar di hadiri oleh pembicara utama, Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep., Lelik.S.Kep.Ners.M.Kep.Ph.D serta dr.Ali Santoso, Sp.PD. Menurutnya, seminar yang diformat dengan talkshow bertajuk, “Educasi Perawatan Valiatif Peningkatan Hidup Pasien HIV/AIDS Melalui Terapi Komplementer“ hal merupkan seminar AIDS terbesar di kabupaten Jember . Bagimana tidak, seminar biasanya hanya dihadiri puluhan atau ratusan orang, kali ini mencapai 800 peserta. “Ini seminar AIDS terbesar yang pernah saya ikuti,” kata Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep.

Tak hanya itu, Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep juga sangat respek dengan perhatian diadakan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (UNEJ) terhadap HIV/AIDS. Tak banyak kampus yang secara getol mengampanyekan gerakan sadar AIDS untuk masyarakat umum. “Semestinya dunia Perguruan Tinggi mampu menerima segala perbedaan sebagai bahan pelajaran. Saya lihat diadakan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (UNEJ) sudah membuktikannya. Saya rasa PSIK pantas memperoleh penghargaan sebagai universitas yang care terhadap HIV/AIDS,” pujinya.

Peserta memadati ruang Hall News Sari Utama sejak pagi. Peserta menempati kursi di ruang utama, dan, seminar berlangsung secara tertib dan lancar. Dalam sambutannya Drs. Moh. Hasan, Msc, PhD Rektor Universitas Jember dalam sambutannya mengatakan, seminar Nasional ini diadakan secara rutin oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (UNEJ) untuk lebih memperkuat pengetahuan dan ikut serta memberi penyadaran masyarakat akan bahaya HIV/AIDS. Untuk itu, semakin banyak masyarakat yang terlibat, semakin baik. Artinya, sasaran sosialisasi dinilai semakin luas. “Peserta yang didominasi remaja dan masyarakat umum ini menandakan keingin tahuan masyarakat tentang AIDS memang luar biasa. Dengan demikian kita berharap masyarakat semakin aware,” ujarnya .

Selain itu Lantin Setyorini Ketua PSIK juga sangat mengapresiasi terhadap kinerja adik adik mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember (UNEJ) yang telah bekerja dengan keras untuk mewujudkan seminar Nasional kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materiil demi suksesnya seminar Nasional sebetulnya sejak awal kami sangat ragu akan kesuksesan seminar Nasional ini tapi saya sangat lega setelah mengetahui yang mendaftar di waktu terakhir mencapai 800 orang terangnya.

Dalam uraian materinya, Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep membeberkan data-data yang mencengangkan tentang perilaku-perilaku yang mengarah pada penularan HIV/AIDS di Ibu Kota. Dia mengungkapkan temuan risetnya, penularan banyak  disebabkan oleh perselingkuhan, freesex, penyimpangan seksual, poligami dan poliandri.

Dalam mengkampanyekan kelima prinsip tersebut, masing-masing lapisan masyarakat memiliki porsi dan tanggunggjawab masing-masing. Prinsip abstinent  dan be faithfull adalah tanggungjawab pemuka agama. Prinsip use condom tanggung jawab praktisi kesehatan, dan prinsip don’t use drugs dan education merupakan tanggungjawab semua lapisan masyarakat.

Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep juga menyayangkan keputusan pemerintah yang sampai saat ini belum memasukkan pendidikan seksual ke dalam kurikulum sekolah, padahal menurutnya pendidikan seksual perlu dilakukan sedini mungkin. “Bukan untuk mengajarkan yang tidak-tidak, tapi siswa perlu diberi pemahaman mengenai pentingnya menjaga kesehatan seksual mereka sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Selain Prof.Dr. Nur Salam.(hons) S.Kep, seminar juga menghadirkan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jember yaitu. Dr. H. Ali Santoso Sp.PD, yang memberi pemaparan tentang asal mula dan sejarah HIV/AIDS di dunia dan masuknya ke Indonesia. Seminar Nasional ini juga di meriahkan dengan tarian Khas Jember yaitu Tarian Petik Kopi yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. (satar)

Leave us a Comment