Program Studi PAUD FKIP, Muda Namun Berprestasi

Jember, 27 Juli 2016

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, untuk pertama kalinya meluluskan mahasiswanya. Sebanyak 36 lulusan angkatan pertama ini diwisuda dalam upacara Wisuda Periode V tahun akademik 2015/2016 yang digelar pada Sabtu (23/7) lalu. Menariknya, 35 orang wisudawan  program studi PAUD meraih predikat cumlaude atau lulus dengan pujian. Prestasi yang membanggakan untuk sebuah program studi yang berusia muda.

Menurut Dra. Khutobah, M.Pd., Ketua Program Studi PAUD, prestasi ini dapat diraih berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa dan para dosen. “Kami selaku dosen selalu berupaya untuk menanamkan rasa kebersamaan dan persaudaraan yang tinggi kepada anak didik. Jadi ketika salah satu mahasiswa mengalami kesulitan, maka mahasiswa yang lain akan  membantu,” tutur Khutobah saat ditemui di sela-sela kesibukannya memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

Dosen senior ini juga bersyukur Program Studi PAUD mendapatkan input mahasiswa yang baik, hal ini terlihat dari antusiasme mereka selama mengikuti kuliah. “Saya harus angkat jempol untuk anak-anak angkatan pertama PAUD, mereka rajin dan memiliki inisiatif yang tinggi, ketika diminta dosen mengerjakan tugas A, mereka mengerjakan A dan B karena saking rajinnya,” puji Khutobah.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Dr. Nanik Yuliati, M.Pd, Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jember. Nanik turut merasakan semangat dari mahasiswa PAUD angkatan pertama ini. “Semangat yang ditunjukkan para mahasiswa membuat kami para dosen menjadi semangat juga untuk mengajar,” tutur dosen  yang akrab disapa Bu Nanik tersebut.

Kesungguhan mahasiswa PAUD, diimbangi oleh para dosen yang mau tidak mau selalu dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Para dosen tidak segan untuk berbagi buku-buku penunjang perkuliahan kepada mahasiswanya, menyampaikan materi kuliah yang jelas dan terarah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Tidak lupa selalu siap melayani mahasiswa yang hendak melakukan konsultasi terkait tugas perkuliahan. Kiat-kiat tersebut yang kemudian mampu mengantarkan lulusan Program Studi PAUD lulus dengan rata-rata IPK 3,6.

Nanik lantas menambahkan, ke depan lulusan PAUD memiliki prospek kerja yang bagus. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa PAUD FKIP Universitas Jember yang sudah  mendapatkan tawaran untuk mengajar. “Peluang kerja bagi lulusan PAUD masih terbuka lebar, buktinya banyak mahasiswa kami yang sudah mengajar di TK begitu memasuki semester lima,” ucap Nanik. “Kami berharap, prestasi ini dilanjutkan oleh mahasiswa PAUD lainnya, bahkan meningkat,” jelas Khutobah menambahkan. (lid)

Leave us a Comment