Program Studi Magister Bioteknologi Gelar Seminar Proposal

Biotek_UNEJ

Jember, 31 Oktober 2017

Sejalan dengan visi dan misinya, Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Jember terus berupaya menjadi program studi yang unggul di bidang bioteknologi dengan berorientasi pada pengembangan agroindustri untuk kepentingan akademisi, masyarakat, dan industri, yang diakui pada skala nasional dan internasional. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Program Studi Magister Bioteknologi, Prof. Tri Agus Siswoyo, SP., M.Agr., Ph.D., dalam Seminar Proposal dan Hasil Penelitian Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember, pada Selasa (31/10).

“Program Studi Magister Bioteknologi memiliki beberapa target yang harus dicapai untuk dapat mewujudkan visi dan misinya. Salah satu fokus utama dalam mencapai target tersebut adalah dengan memberikan fokus pada kualitas calon lulusannya.” tutur Tri Agus dalam pembukaan acara.

Lebih lanjut Tri Agus menyampaikan, seminar kali ini bertujuan sebagai evaluasi terhadap seberapa jauh penelitian yang telah dilakukan dan rencana penelitian apa saja yang dikembangkan oleh mahasiswa magister Bioteknologi. Dasar pengembangan penelitian mahasiswa tidak terlepas dari riset grup yang dikembangkan oleh Prodi Bioteknologi. Riset grup tersebut terdiri dari bioteknologi kesehatan, bioteknologi pertanian, serta bio-process dan bio-material. Namun, seminar kali ini menjadi istimewa bagi Prodi Magister Bioteknologi karena diikuti oleh mahasiswa semester 4 yang diharapkan mampu lulus dalam waktu dua bulan ke depan.

“Yang menjadi spesial dari evaluasi kali ini adalah kita melakukan evaluasi pada mahasiswa semester 4, yang diharapkan dalam dua bulan ke depan dapat lulus dan dapat melakukan publikasi ilmiah pada level internasional yang merupakan aturan dasar dalam kelulusan.” tambah Tri Agus.

Publikasi ilmiah yang dimaksud disini adalah melakukan presentasi secara oral dan membuat tulisan ilmiah/paper pada level internasional. Tri Agus optimis dengan sistem pengembangan aktivitas dalam laboratorium yang dikembangkan oleh Program Studi Magister Bioteknologi selama ini akan mampu membawa manfaat bagi dunia agro-industri yang sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan.

Seminar kali ini diikuti oleh sebanyak delapan mahasiswa yang melakukan seminar proposal dan 14 mahasiswa yang melakukan seminar kemajuan hasil. Seminar dihadiri sebanyak 50 peserta dan dilaksanakan di Gedung CDAST lantai 1. (lid)