Berbagai penghargaan akademik maupun nonakademik telah berhasil dia raih. Diantaranya Prof. Slamin dianugerahi gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dari The University of Newcastle. Dengan kontribusi yang sangat baik dalam bidang pendidikan dan penelitian yang didasarkan kegiatan dan reputasinya, pada tahun 2010 Prof. Slamin dianugerahi Peringkat I Dosen Berprestasi Universitas Jember dan pada tahun 2013 dia menduduki Peringkat 4 dari 10 besar Matematikawan Indonesia dengan publikasi terbanyak yang terindeks di MathSciNet (basis data publikasi milik AMS).

Dalam bidang penelitian teori Graf pun nama Prof. Slamin cukup dikenal. Hal itu dibuktikan Prof. Slamin telah mempublikasikan lebih dari 50 paper bidang teori graf di jurnal internasional dan mempresentasikan lebih dari 30 paper bidang teori graf pada konferensi dan seminar internasional, termasuk di Australia, Amerika, Pakistan, Malaysia, Spanyol, Slowakia, dan Korea. Disamping itu, Prof. Slamin juga menjadi penilai (reviewer) sejumlah paper untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi dan terindex  Scopus seperti Discrete Mathematics, Ars Combinatoria, dan Utilitas Matematica. Tidak heran jika dia mendapatkan Google Scholar h-index = 14 dan Scopus h-index = 9 yang merupakan parameter produktifitas publikasi hasil penelitian di Jurnal International yang bereputasi.

Prof. Slamin juga aktif dalam kegiatan Organisasi Profesional. Di tingkat nasional, dia menjadi salah satu pengurus Himpunan Matematika Indonesia (Indonesian Mathematical Society/IndoMS) selama 3 periode (2006 – 2008, 2008 – 2010, 2014 – 2016) dan sebagai Wakil Presiden Masyarakat Kombinatorika Indonesia (Indonesian Combinatorial Society/InaCombS) periode 2013 – 2015. Sedangkan di tingkat internasional Prof. Slamin menjadi Associate Fellow pada Institute Combinatorics and its Applications, Canada sejak tahun 2000, Reviewer pada American Mathematical Society (AMS), USA sejak tahun 2008 dan diberi tugas oleh Ditjen Dikti untuk menjadi salah satu dari dua Steering Committee (delegasi Indonesia) pada ASEAN Citation Index sejak Tahun 2014.

Program pengembangan penelitian dan bidang lainnya yang pernah diikuti oleh Prof. Slamin antara lain adalah Research on Graph Labeling di Universiti Malaya, Malaysia (2000), Training on Administration Management for Higher Education and IT di University of Saga, Japan (2003), Research on Combinatorics, Graphs and Network Topology di University of Ballarat, Australia (2004), Visiting Professor at School of Mathematical Sciences di GC University, Lahore Pakistan (2006 dan 2009), Program Academic Recharging di UPC Barcelona, Spanyol (2009), APTIKOM Goes to China di Shanghai (2011), APTIKOM Goes to Hongkong (2012) dan 2nd ASEAN Citation Index Workshop for Steering Committee di Phuket, Thailand (2014).

Prof. Slamin menikah dengan Rina Hayati yang berprofesi sebagai Guru di SDN Jember Lor 1 dan dikaruniai 3 anak. Anak pertama bernama Nauval Risla Cendika yang kuliah Program Studi Arsitektur, Universitas Brawijaya. Anak kedua bernama Azfar Risla Alkhowarizmi yang saat ini duduk di Kelas 1 SMP Negeri 2 Jember, dan anak ketiga dari mereka bernama yang saat ini masih Kelas 1 SD Al-Furqan Jember. Sebenarnya Prof. Slamin memiliki hobi memancing, tetapi sudah lama tidak dilakukan karena kesibukan dalam berbagai kegiatan sehingga dia menggantikannya dengan memberi makan ikan koi yang dia pelihara di kolam samping rumahnya.

Leave us a Comment