Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. Luncurkan Buku Dunia Bisnis Kopi Dan Tembakau

Jember, 19 Agustus 2015

Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. luncurkan buku ke-14 dan 15 yang berjudulDaya Saing Agribisnis Kopi Robusta Sebuah Perspektif Ekonomi” dan buku “Agribisnis Tembakau Besuki Na-Ost Tinjauan Ekonomi Pertanian.” Kedua buku ini dapat digunakan sebagai buku rujukan bagi mereka yang mau terjun dalam dunia bisnis kopi dan tembakau.

Pria yang akrab disapa Prof. Tri ini menuturkan, dalam perkembangannya saat ini kopi tidak hanya menjadi sebuah minuman pendamping. Namun kebiasaan minum kopi masyarakat sudah mulai bergeser menjadi sebuah gaya hidup. “Coba kita lihat banyak sekali café-café yang dipenuhi oleh pengunjung yang tujuannya hanya sekedar minum kopi bersama teman kuliah, teman kerja ataupun mitra bisnis,” ujar Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P. saat diwawancara di sela-sela aktivitas kampusnya, Rabu (19/8).

Menurutnya, kebutuhan kopi saat ini sangatlah tinggi hal itu disebabkan jumlah penikmat minuman kopi setiap tahun terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu menurutnya kopi merupakan sebuah komoditas bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan.

“Maka dari itu saya dan kawan-kawan menulis buku tentang dunia bisnis kopi mulai dari persiapan lahan sampai pada distribusi produk. Buku ini merupakan kitab bisnis perkopian yang tidak hanya membahas teori namun juga berdasarkan pengamatan langsung bersama petani binaan mulai dari penanaman hingga pengemasan dan pemasaran produk,” jelas Prof. Tri.

Pria yang aktif olahraga Badminton ini menjelaskan, penulisan buku disajikan dengan menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat baik oleh para akademisi maupun petani. “Semua bisa membaca karena buku ini memang didesain agar bisa diterima oleh semua kalangan khususnya pengusaha yang tertarik untuk terjun dalam dunia bisnis kopi dan tembakau,” imbuhnya.

Sementara itu dikesempatan yang lain, Suwarno salah satu petani kopi desa Sidomulyo binaan Universitas Jember mengaku sangat terbantu dengan adanya buku tersebut. “Saya diberi oleh orang Unej buku tentang kopi, awalnya saya hanya abaikan, terus saya coba baca ternyata bukunya sangat bagus dan sangat membantu saya dalam dunia kopi karena isinya sangat lengkap terkait bisnis kopi,” ujarnya. Suwarno mengaku, sejak mempelajari dan mempraktekan isi dari buku tersebut bisnis kopinya mulai tumbuh menjadi bisnis yang bagus.

“Kalo dulu saya hanya jual biji kopi kemudian jual kopi bubuknya namun sekarang saya sudah mulai menjual kopi bubuk dalam kemasan dan keuntungannya lebih maksimal,” paparnya. (Mj)

1 Comment

  • Rinajni Melda
    Reply

    keren banget bukunya pasti bapak. kita tunggu kehadiran bukunya di kampus bapak

Leave us a Comment